Ini Cara Agar Merasa Lebih Baik Saat Sedang Dilanda Stres Berat
12 July 2021
Stres akan menimbulkan gelombang kortisol dan adrenalin, yang berguna ketika Anda harus melarikan diri dari harimau yang lapar. Namun, ketika Anda tidak berada dalam situasi yang mengancam jiwa dan otak berulang kali memberi sinyal bahwa Anda berada dalam situasi yang mengancam, Anda bisa mengalami masalah yang lebih nyata, misalnya kesehatan yang terancam.

Stres akan menimbulkan gelombang kortisol dan adrenalin, yang berguna ketika Anda harus melarikan diri dari harimau yang lapar. Namun, ketika Anda tidak berada dalam situasi yang mengancam jiwa dan otak berulang kali memberi sinyal bahwa Anda berada dalam situasi yang mengancam, Anda bisa mengalami masalah yang lebih nyata, misalnya kesehatan yang terancam. Agar stres berat yang sedang melanda tidak membuat Anda semakin terpuruk, coba lakukan 6 cara di bawah ini agar merasa lebih baik.

1. Berikan otak istirahat.

Luana Marques, Ph.D., seorang profesor psikiatri, mengatakan. "Semakin Anda mengaktifkan otak emosional, semakin banyak kecemasan yang Anda. Itulah mengapa Anda harus memberi otak waktu untuk beristirahat.” Jika berita yang meningkatkan stres Anda, batasi paparan ke situs berita dan media sosial. Bergerak juga membantu otak beristirahat. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik melepaskan bahan kimia positif yang memiliki efek anti-inflamasi dan antidepresan.

2. Lakukan satu hal pada satu waktu.

“Salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan dalam hidup secara umum adalah dengan berlatih berfokus pada saat ini,” kata Luana. Dengan melatih perhatian, Anda menyadari bahwa momen ini adalah satu-satunya yang nyata dan Anda dapat mulai menemukan keindahan di dalamnya. Jika Anda merasakan gelombang kecemasan, berhentilah sebelum melanjutkan ke aktivitas berikutnya dan arahkan kembali fokus Anda.

3. Bingkai ulang pemikiran.

“Cobalah untuk menemukan cara yang lebih seimbang dalam memandang sesuatu. Anda mungkin berpikir ini tidak akan pernah berakhir atau akan selalu merasa seperti ini, tetapi semuanya akan berakhir pada akhirnya,” ujar Neda Gould, Ph.D. dari Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins. Saat Anda merasa stres berat, ingatkan diri bahwa Anda telah mengatasi banyak tantangan lain dan akan mengatasi tantangan ini.

4. Biarkan diri bersedih.

Memberi nama dan mengakui rasa sakit Anda dapat menguranginya, tetapi bersabarlah dengan diri sendiri. Kesedihan tidak sembuh dalam semalam atau memiliki jadwal khusus. Menemukan cara untuk berbagi kesedihan Anda, apakah itu melampiaskan ke teman atau berbicara dengan terapis atau pemuka agama, dapat membantu Anda memproses apa yang sedang dirasakan.

5. Jadwalkan hal-hal yang menyenangkan.

Saat stres, bahkan hal-hal menyenangkan yang biasa dilakukan mungkin tidak tampak menghibur. Namun, cobalah untuk tetap menuliskannya karena ini akan memberi perhatian pada otak dan memintanya untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan.

6. Latih rasa syukur.

Studi telah menemukan bahwa rasa syukur dikaitkan dengan risiko depresi, kecemasan, penyalahgunaan zat, dan gangguan makan yang lebih rendah. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa hanya beberapa menit memikirkan hal-hal yang Anda syukuri dapat meningkatkan suasana hati. Tuliskan lima hal yang Anda syukuri setiap malam sebelum tidur, tulis ucapan terima kasih kepada seseorang yang telah membantu Anda, atau cukup tutup mata selama 30 detik dan pikirkan semua orang yang Anda syukuri. Dengan bersyukur, Anda akan merasa lebih baik meskipun sedang dilanda stres berat.

Cover: Her World

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail