Good News: Hotel Terbaik Di Dunia Ada Di Sumba!
02 August 2016
Resor Nihiwatu, Sumba, Nusa Tenggara Timur, baru saja mendapatkan predikat World’s Best Awards sebagai hotel terbaik di dunia. Yay!  ...

Resor Nihiwatu, Sumba, Nusa Tenggara Timur, baru saja mendapatkan predikat World’s Best Awards sebagai hotel terbaik di dunia. Yay! 

Apa yang membuat hotel ini begitu istimewa? 
Majalah Travel & Leisure yang telah menobatkan Resor Nihiwatu sebagai hotel terbaik di dunia saat ini menyebutkan bahwa hotel resor ini tak hanya menawarkan pemandangan alam dan sentuhan kearifan lokal penduduk setempat, tapi juga menyertai kualitas pelayanan dan fasilitas ekstra sehingga mampu mengalahkan pesaing-pesaing lainnya.

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, turut mengungkapkan bahwa hotel resor yang terletak di Desa Hobawawi, Kecamatan Wanukaka, Sumba Barat, ini memiliki skor tertinggi yaitu 98,35 mengalahkan hotel-hotel bertaraf internasional lainnya seperti The Spectator di Charleston, South Carolina, dengan nilai 97,78 dan Huka Lodge di Taupe, New Zealand, dengan nilai 97,65.

Resor surgawi berkonsep ekoturisme 
Terletak sekitar 400 km ke arah Timur dari Bali, Pulau Sumba yang merupakan bagian dari Kepulauan Lesser Sunda yang dikelilingi oleh pantai-pantai dengan pemandangan yang menakjubkan. Resor Nihiwatu sendiri terletak di atas tebing dan menghadap langsung ke Samudera Hindia.

Yang membuatnya unik, Resor Nihiwatu memiliki 33 akomodasi vila berbentuk rumah kayu dengan desain dan nama yang berbeda-beda. Kanatar, Lulu Amahu, Lamba, Marangga, Kasambi, Wamoro, Lantoro, Puncak Rumah Pohon Mamole, dan Raja Mendaka adalah sebutan bagi vila-vila yang ada. Selain memiliki 3 buah restoran dengan menu-menu eksklusif, beberapa vila pun dilengkapi dengan kolam renang pribadi selain kolam utama yang terletak di tengah-tengah kumpulan vila.

Beragam aktivitas bisa dilakukan di resor ini—mulai dari ‘Safari Spa’ seharian penuh, trekking ke beberapa air terjun tersembunyi, eksplorasi persawahan dan desa lokal di pulau ini, berkuda layaknya prajurit Sumba, memasak makanan lokal, hingga berkeliling ke pasar tradisional Waikabubak. 

Seru? Pasti, terlebih karena resor ini juga selalu menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar—keterlibatan masyarakat setempat di resor ini sangat tinggi. Tak hanya bekerja di resor, mereka pun kerap membuat aktivitas wisata budaya di sekitar resor guna meningkatkan atraksi turis.  

Tak hanya itu, letak Resor Nihiwatu juga tak jauh dari Occy’s Left, yaitu pantai pribadi yang merupakan area selancar ternama di kalangan para peselancar profesional dunia.

Berapa tarifnya?
Dengan beragam layanan kelas dunia dan keunikan-keunikan yang ditawarkan, rasanya cukup wajar bila tarif menginap di resor ini terbilang fantastis. Harga vila termurah saat low season saja bisa mencapai sekitar Rp8,4 juta per orang. Sementara itu, vila paling mahal seperti Raja Mendaka mengenakan tarif sekitar Rp156 juta per orang.  

Managing Partner Nihiwatu, James McBride, menerangkan bahwa penobatan Resor Nihiwatu sebagai hotel terbaik di dunia tak hanya membanggakan masyarakat Sumba, tapi juga membanggakan bangsa Indonesia secara keseluruhan.

“Kami ingin memperluas pemahaman masyarakat umum mengenai persepsi resor ‘surgawi’ melalui sebuah destinasi yang memiliki letak geografis yang kuat dan ruang gerak yang luas, sehingga para wisatawan mampu menikmati petualangan mereka berkelana di alam liar Sumba,“ ucapnya.

Well, congratulations Nihiwatu Resort!

Foto cover: Elegantresorts

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail