Game Online yang Bisa Dimainkan Bersama Keluarga yang Hemat Kuota Internet
21 November 2021
Daripada dimarahi karena main game terus, lebih baik Anda temani anak main bersama dengan Paket Akrab XL yang banyak kuotanya!

Banyak orang tua menganggap bermain game online punya dampak buruk untuk pertumbuhan anak-anak. Itu ada benarnya tapi jika dilakukan berlebihan dan anak tidak diberi batas waktu. Padahal main game online kini sudah jadi hal yang normal di kalangan anak-anak muda masa kini. 

Jika anak main game online yang benar, sesuai usia, dan dalam porsi waktu yang tepat, justru ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Sebenarnya game online juga bisa jadi salah satu sarana untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan hidup tertentu, seperti keterampilan memecahkan masalah dan membantu perkembangan otaknya.

Ketimbang memarahi anak karena kebiasaannya main game, coba lakukan kegiatan main game bersama. Aktivitas ini akan membantu meningkatkan kedekatan antara Anda dan membuat si kecil lebih membuka diri. Nantinya ketika Anda mulai menerapkan jadwal untuk kegiatan bermain game online, anak bisa lebih memahami dan menuruti.

Apa saja jenis game online yang bisa dimainkan bersama anak dan keluarga lainnya? Berikut daftarnya. 

1. Word game
Word game atau permainan kata, seperti Scramble, banyak dianjurkan untuk diperkenalkan pada anak-anak. Itu karena permainan ini akan melatih dan menambah kosakata anak, terutama yang masih berusia pra-sekolah. Kini word game juga sudah bisa dinikmati secara online lewat smartphone dan semakin mudah dimainkan. Bermain game ini dengan anak sama dengan mengajarinya secara tidak langsung, lho!

2. Board game 
Permainan papan kini juga sudah banyak tersedia secara online. Walau sebenarnya lebih enak dimainkan secara langsung, tetapi tak ada salahnya juga menikmatinya secara online bersama si kecil. Mulai dari monopoli, ular tangga, sampai catur bisa Anda mainkan bersama keluarga besar. 

3. Simulation Game
Ada banyak jenis permainan simulasi online yang bisa dimainkan bersama anak. Ada life simulation, business simulation, hingga vehicle simulation. Contohnya seperti Animal Crossing, Dinner Dash, Hospital Dash, Minecraft, dan banyak lainnya. Kalau Anda kurang paham, jangan ragu bertanya pada si kecil, sebab jika itu adalah game andalannya maka mereka pasti lebih paham dan akan dengan senang hati menjelaskannya. Ini pun mengajarkannya untuk bercerita dan melatih ingatannya.

4. Action-Adventure game
Game online dengan tema action atau adventure, seperti Detective Pikachu, Super Mario, hingga Crash Bandicoot dapat membantu perkembangan otak si kecil. Sebab mereka diharuskan mencari, merencanakan, membuat keputusan, dan mencoba berbagai pilihan supaya bisa menemukan jalan untuk maju ke level berikutnya. Game online tidak melulu harus berlabel edukatif untuk membantu anak belajar. Jenis permainan ini pasti juga akan disukai oleh orang dewasa sehingga Anda juga bisa dengan mudah bermain bersama anak.

5. Mystery game
Mari bersama-sama dengan si kecil memecahkan masalah lewat game online. Anda bisa bersama-sama bertualangan mencari harta karun atau menebak letak benda yang tersembunyi. Jenis permainan ini akan mengajarkan si kecil, dan juga Anda, untuk lebih teliti dan cerdik dalam mencari sesuatu. Pasti akan menyenangkan jika kalian saling berlomba.

***

Semua game di atas memang harus dilakukan online, sehingga supaya lebih hemat dan tidak menghabiskan kuota internet sebaiknya pakai Paket Akrab XL yang cocok untuk digunakan sekeluarga. Paket Akrab bisa bisa diaktifkan mulai dari harga mulai Rp55 ribu untuk 2-4 orang dengan total kuota bersama 10GB hingga 160GB dan bonus kuota pribadi dari 9GB hingga 75GB.

Kuota besar bisa dipakai bersama keluarga, ditambah Anda akan dapat gratis menelepon dan SMS ke XL dan Axis. Jadi, Anda bisa tenang bermain game online bersama anak dan keluarga lainnya, tanpa perlu takut kehabisan kuota.

Hebatnya lagi, Anda bisa mengatur batas pemakaian kuota internet bersama untuk tiap anggota lewat aplikasi myXL. Saat merasa si kecil sudah terlalu lama main game, Anda bisa mengurangi kuotanya dan membuatnya berhenti bermain tanpa perlu memarahinya. Sangat memudahkan, kan?

Yuk, segera gunakan Paket Akrab XL untuk aktivitas menyenangkan bersama keluarga. Bisa beli langsung di aplikasi myXL atau di e-commerce langganan Anda.

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail