Daftar Produk Rumah Tangga yang Ternyata Bisa Berbahaya untuk Anda dan Keluarga
27 February 2021
Meski beberapa di antaranya adalah produk pembersih dan membuat rumah lebih wangi, ternyata kandungannya bisa membahayakan kesehatan Anda dan keluarga. Produk apa saja itu?

Produk rumah tangga di bawah ini sangat umum digunakan di setiap rumah, mungkin termasuk di rumah Anda. Meski beberapa diantaranya adalah produk pembersih dan membuat rumah lebih wangi, ternyata kandungannya bisa membahayakan kesehatan Anda dan keluarga. Produk apa saja itu?

1. Pemutih. Produk rumah tangga ini dapat mengiritasi hidung, kulit, mata, tenggorokan, dan jika disentuh dapat menyebabkan ruam merah. Untuk menghindari hal tersebut. gunakan pemutih di area terbuka dengan aliran udara yang baik. Jangan pernah meletakkannya di tempat yang terlihat untuk menyimpan makanan atau minuman, serta jangan mencampurnya dengan bahan lain, terutama amonia.

2. Pengharum ruangan. Kandungan bahan kimia di dalamnya seperti formaldehida, sulingan minyak bumi, propelan p-dichlorobenzene, dan aerosol, dapat dengan mudah terbakar. Jadi, jangan pernah menggunakannya di sekitar api terbuka. Pilihan pengharum ruangan lain yang lebih aman adalah soda kue yang alami dan tidak beracun untuk Anda dan keluarga.

3. Deterjen. Produk pembersih ini memiliki enzim atau protein yang berfungsi untuk mengeluarkan kotoran dari pakaian Meskipun bisa untuk membersihkan pakaian, tetapi deterjen beracun bagi tubuh. Anda bahkan bisa terkena asma jika terpapar dalam jumlah besar. Jauhkan deterjen dari jangkauan anak-anak, terutama bentuknya terlihat seperti makanan.

4. Kapur barus. Meski bentuknya seperti permen, produk rumah tangga ini penuh dengan kandungan pestisida dan asapnya bisa menyebabkan pusing dan sakit kepala. Jika tertelan—yang sangat mungkin terjadi pada anak-anak, mereka bisa berisiko kanker dan menyebabkan anemia. Untuk mengurangi penggunaan kapur barus, lebih baik simpan pakaian dalam wadah kedap udara.

5. Cat. Jenis cat minyak dan lateks dapat mengeluarkan asap yang menyebabkan sakit kepala serta mengiritasi mata, hidung, tenggorokan, dan kulit Anda. Jaga agar udara tetap mengalir setiap kali Anda menggunakan cat tersebut di rumah karena asap cat berbahan dasar pelarut sering kali berakibat fatal jika Anda terlalu banyak menghirupnya.

6. Drain cleaner. Dengan kandungan utama lye dan asam sulfat yang dapat menghilangkan penyumbatan, tetapi asap drain cleaner juga bisa membakar kulit dan mata, serta merusak saluran pencernaan, ginjal, dan hati Anda. Jangan lupa pakai kacamata dan sarung tangan untuk melindungi kulit dan mata, lalu buka jendela atau gunakan produk rumah tangga ini di ruangan terbuka untuk melindungi diri Anda dari asapnya yang berbahaya.

Cover: LoveToKnow

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail