Cara Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Membuat Lingkungan Lebih Baik Selama Pandemi
16 March 2021
Yuk, mulai dari hal kecil, seperti dari rumah Anda. Anda bisa mengadopsi praktik-praktik ini sebagai bagian dari gaya hidup mereka bahkan setelah pandemi berakhir.

Selama pandemi, selain kesehatan masalah lingkungan juga jadi sorotan. Bencana alam yang terus terjadi selama tiga tahun terakhir di Indonesia merupakan isyarat dari alam kepada manusia agar lebih peduli dalam melakukan kegiatan pelestarian lingkungan. Menurut data yang dilansir oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat di sepanjang tahun 2021 saja yaitu dari Januari hingga 1 Maret 2021 telah terjadi sekitar 657 bencana alam. 

Yuk, mulai dari hal kecil, seperti dari rumah Anda. Anda bisa mengadopsi praktik-praktik ini sebagai bagian dari gaya hidup mereka bahkan setelah pandemi berakhir. Baca terus untuk mengetahui kiat-kiat bertindak ramah lingkungan walau di rumah saja.

Gunakan tips ini untuk mengurangi beban kerja Anda di rumah dan juga ramah lingkungan!
- Untuk menyetrika: Gantung pakaian setelah dicuci untuk menghilangkan kusutnya. Dengan cara ini, Anda meluangkan lebih sedikit waktu dan tenaga untuk menyetrikanya.
- Untuk memasak: Gosok sayuran dan buah-buahan dalam panci berisi air, bukan di bawah air mengalir. Masak makanan satu panci untuk mengurangi jumlah peralatan yang digunakan, sehingga menurunkan beban pencuci piring Anda. Simpan sisa makanan, tetapi pastikan dalam suhu kamar sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.
- Untuk menyedot debu: Kosongkan pengumpul debu secara teratur untuk pembersihan yang efisien.
- Untuk menyiram tanaman: Air yang digunakan untuk merebus pasta, mengukus sayuran, atau membuat nasi dapat digunakan untuk menyiram tanaman.
- Untuk mencuci mobil: Gunakan ember air sebagai ganti mencuci mobil, untuk menjaga pemakaian air tetap terkendali dan mengurangi pemborosan air dengan selang.

***

Selain mengikuti tips di atas, Anda juga bisa menambah wawasan dengan mengikuti Sharp Greenerator. Sharp Indonesia sebagai perusahaan yang memiliki kepekaan tinggi terhadap lingkungan, berupaya untuk dapat berkontribusi dalam melakukan kegiatan pelestarian lingkungan maupun peningkatan kesadaran masyarakat. Melalui komunitas binaannya ‘Sharp Greenerator yang dibentuk pada tahun 2015 silam bersama yayasan nirlaba Terumbu karang Indonesia, Transformasi Hijau, Borneo Orang Utan Survival dan Koaksi Indonesia, Sharp Indonesia memfasilitasi anak – anak muda wilayah Jakarta Bogor dan Depok untuk mempelajari hal- hal yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan. 

Sharp Greenerator membuka pendaftaran bagi seluruh generasi muda di kisaran usia 16 – 25 tahun dan memiliki kepedulian serta memiliki komitmen yang tinggi terhadap aksi pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati. Registrasi mulai dibuka pada akhir Maret 2021 hingga April 2021. Pendaftaran anggota tidak dipungut biaya dan untuk lebih jelasnya informasi ini dapat akses melalui akun Instagram @sharpgreenerator.
 

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail