Cara Mudah Pindahkan Data Dari Ponsel Lama ke Ponsel Baru Tanpa Ribet
13 September 2021
Berganti ponsel baru berarti Anda harus memindahkan segala macam data dari ponsel lama. Kalau tak mau repot, ini cara mudah memindahkan data, termasuk foto dan percakapan WhatsApp ke ponsel baru Anda.

Bagi sebagian orang, riwayat percakapan di WhatsApp dengan orang-orang tertentu memiliki kenangan tersendiri sehingga selalu disimpan dan tak dihapus. Membaca kembali percakapan tersebut seolah membangkitkan memori indah dengan orang-orang yang mungkin kini sudah berada jauh atau sudah tiada. 

Sayangnya, ketika berganti ponsel, terutama dari perangkat berbasis iOS maupun Windows ke Android, riwayat percakapan tersebut bisa saja lenyap. Belum lagi Anda harus memindahkan kontak, notes, foto, dan video, dengan cara manual yang merepotkan ke dalam ponsel baru. 

Tenang saja, masalah itu kini sudah dapat diatasi dengan kehadiran fitur transfer riwayat percakapan pada aplikasi WhatsApp untuk pertama kalinya di Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3. Dengan aplikasi Smart Switch pada Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, pengguna dapat memindahkan data dari smartphone lamanya dengan praktis–termasuk data WhatsApp–baik itu dari perangkat Android, iOS, maupun Windows. 

Caranya gampang banget. Yang penting, Anda sudah memenuhi syarat-syarat berikut ini agar bisa memindahkan data-data dalam ponsel lama Anda ke Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3.

1. Aplikasi Samsung Smart Switch versi 3.7.22.1 atau yang lebih tinggi pada perangkat baru Anda.
2. WhatsApp iOS versi 2.21.160.17 atau yang lebih tinggi pada perangkat lama Anda.
3. WhatsApp Android versi 2.21.16.20 atau yang lebih tinggi pada perangkat baru Anda.
4. Kabel USB-C to Lightning (atau adaptor yang setara).
5. Menggunakan nomor telepon yang sama seperti yang digunakan pada perangkat lama.
6. Perangkat Android baru Anda harus baru dari pabrik atau dikembalikan ke setelan pabrik.

Setelah persyaratan tersebut terpenuhi, Anda dapat langsung memindahkan data WhatsApp dari smartphone lama ke Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, baik itu dari perangkat berbasis Android non Samsung maupun iOS, dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Aktifkan aplikasi Smart Switch di Galaxy Z Fold3 atau Z Flip3. Pastikan perangkat lama dan baru telah tersambung. Untuk perangkat Android non Samsung, pengguna bisa menghubungkannya secara wireless atau dengan kabel USB. Untuk perangkat iOS, pengguna bisa menghubungkannya dengan kabel USB-C to Lightning.
2. Masuk ke aplikasi WhatsApp pada Galaxy Z Fold3 atau Z Flip3.
3. Pindai QR Code di aplikasi WhatsApp di Galaxy Z Fold3 atau Z Flip3 menggunakan perangkat lama.
4. Konfirmasi untuk memulai pemindahan data pada perangkat lama.
5. Ikuti prosesnya sampai selesai, pastikan kedua perangkat menyala sepanjang pemindahan data.
6. Selesaikan pengalihan data dengan cek aplikasi WhatsApp di Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3.

Selain riwayat percakapan WhatsApp, Smart Switch juga memungkinkan pengguna untuk mentransfer data-data penting lainnya seperti kontak, notes, foto, video, hingga bookmark di aplikasi browser saat berganti smartphone dari perangkat berbasis iOS, Windows, maupun sesama Android ke Samsung Galaxy. Praktis banget, kan?

Tidak hanya mudah dalam memindahkan data-data penting di ponsel lama, Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 juga menawarkan pengalaman smartphone lipat terbarukan yang andal. Form factor dan software pada smartphone ini telah disempurnakan untuk kemampuan multitasking sehingga produktivitas Anda jadi lebih efisien dan menghasilkan konten yang lebih maksimal untuk diunggah di media sosial. 

Dengan harga mulai dari Rp14.999.000, Anda sudah bisa memiliki smartphone lipat terkini bersama Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3. Galaxy Z Flip3 tersedia dalam pilihan warna Cream, Green, Lavender, dan Phantom Black, bisa didapat dengan harga Rp14.999.000 (8GB/128GB) dan Rp15.999.000 (8GB/256GB). Sementara Galaxy Z Fold3 dijual dengan harga Rp24.999.000 (12GB/256GB) dan Rp26.999.000 (12GB/512GB) dengan tiga pilihan warna, yaitu Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver. 

Foto: Dokumentasi Samsung

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail