Begini Cara Melakukan Self Reward Tanpa Bikin Kantong Boncos Meski Gaji Pas-Pasan!
11 June 2021
Penghasilan pas-pasan juga tetap bisa melakukan self reward alias memberi kesenangan diri tanpa keluar banyak uang. Ini dia sederet caranya!

Salah satu cara melakukan self love atau mencintai diri sendiri adalah dengan memberi hadiah pada diri sendiri (self reward) karena usaha dan kerja keras yang telah kita lakukan. Sayangnya sekarang ini melakukan self reward dianggap boros dan menghamburkan uang, karena dilakukan terlalu sering. Wah, padahal self reward ini bisa dilakukan dengan bijak juga, lho, asal nggak keseringan. Orang-orang dengan penghasilan pas-pasan yang jadi tulang punggung keluarga pun bisa, lho, melakukan self reward tanpa bikin kantong boncos. Ini dia beberapa tips melakukannya!

1. Buat wishlist
Tulis apa saja barang atau hal yang Anda inginkan dalam periode tertentu, misalnya tahun ini Anda ingin punya sepeda motor baru, atau bulan depan ingin beli dress brokat yang harganya agak mahal sehingga perlu menabung dulu untuk membelinya. Bisa juga dalam periode lebih pendek dengan wishlist yang lebih sederhana, misalnya makan bakmi spesial di akhir pekan depan.

2. Urutkan berdasarkan 
Wishlist Anda bisa diurutkan berdasarkan besaran biaya yang diperlukan, misalnya dari yang paling tinggi ke yang paling rendah. Bisa juga mengurutkannya berdasarkan tingkat kemungkinan Anda mendapatkannya dengan lebih cepat dibanding yang lain. Misalnya, keinginan makan bakmi spesial di paling atas sedangkan keinginan punya dress brokat baru ada di bawahnya.

3. Sisihkan uang tiap secara rutin
Setiap hari, seminggu sekali, atau sebulan sekali, sisihkan uang semampu Anda ke simpanan atau tabungan khusus self reward. Anda bisa memakainya kalau sedang ingin memberi hadiah pada diri sendiri, sesuai urutan wishlist yang sudah Anda buat. Jadi Anda masih bisa mentraktir diri sendiri sesekali, meski gaji Anda pas-pasan.

4. Cari alternatif yang lebih murah
Ada kalanya kondisi mental kita sedang lelah, tetapi untuk mentraktir diri sendiri rasanya tidak tepat karena ada keperluan lain yang harus didahulukan. Kalau sudah begini, tetap sayangi diri Anda dengan mencari alternatif lain yang lebih murah. Misalnya kalau sedang ingin makan enak, tak usah beli bakmi spesial tetapi ganti dengan bakmi kaki lima dekat rumah yang Anda tahu rasanya dijamin enak. 

5. Beli bekas
Selain mencari alternatif yang lebih murah, tak perlu gengsi beli barang dalam kondisi bekas. Misalnya, beli buku bekas; atau baju bermerek yang dijual secondhand. Tanya-tanya dulu ke penjualnya, cari tahu keasliannya, dan pastikan kondisinya masih bagus dan layak pakai ya!

6. Buat sendiri
Untuk beberapa hal seperti makanan atau minuman, alternatif yang lebih murahnya adalah membuat sendiri. Contohnya Anda bisa membuat es kopi susu sendiri saat sedang ingin banget jajan, tetapi keuangan Anda tidak memungkinkan. Daripada membeli di coffee shop, kalau bikin sendiri bisa dapat lebih banyak, lho. 

7. Patungan bareng teman
Self reward dalam bentuk liburan paling mungkin, lho, dilakukan patungan dengan teman, misalnya untuk membayar biaya penginapannya. Anda juga bisa bagi tugas, misalnya ada yang menyetir jadi tak perlu sewa pengemudi, ada yang hunting voucher hotel, dan mengurus rute serta itinerary yang harganya masuk di kantong pas-pasan.

Tak perlu minder karena punya gaya hidup hemat. Asal mood bagus dan pikiran jernih, self reward tanpa bikin kantong boncos begini wajib banget jadi pegangan hidup, nih!

Cover: Unpslash

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail