Bali dan 9 Destinasi Liburan Paling Romantis di Indonesia Lainnya
15 February 2020
Coba tebak, daerah di mana saja di Indonesia ini yang paling romantis dan cocok untuk tempat liburan pasangan?

Coba tebak, daerah di mana saja di Indonesia ini yang paling romantis dan cocok untuk bulan madu atau sekadar berlibur bareng pasangan? Anda benar banget jika yang langsung terlintas di benak Anda adalah Bali, sebab Pulau Dewata ini memang menempati posisi teratas daftar tempat paling romantis di Indonesia. Namun Indonesia itu luas banget, dan tempat romantis yang pas untuk didatangi bareng pasangan nggak cuma itu aja lho.

Penasaran dengan tempat-tempat romantis di Indonesia lainnya? Simak hasil survei dari portal diskon tanah air CupoNation dan OYO ini yuk!

1. Bali
Pulau Bali punya sejuta destinasi romantis yang cocok untuk pasangan. Tak heran jika tempat ini menjadi tujuan favorit untuk bulan madu di Indonesia. Seminyak, Nusa Dua, Uluwatu, Canggu, sebutkan saja semua daerah di sana, pasti ada saja hotel dan restoran menarik yang siap melayani Anda di sana.

Pantai romantis di Bali (Foto: Instagram/explorebali)

2. Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu merupakan salah satu kabupaten di Provinsi DKI Jakarta yang memiliki 11 pulau berpenghuni. Selain itu, di sana juga ada pulau-pulau yang dijadikan sebagai pulau wisata, seperti Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Kotok Besar, Pulau Puteri, Pulau Matahari, Pulau Sepa, dan sebagainya. Kepulauan Seribu masuk dalam 10 Kawasan Prioritas Pariwisata Nasional yang ditetapkan Presiden Joko Widodo.

3. Bunaken, Manado
Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu tempat wisata alam favorit yang terletak di Sulawesi Utara. Faktor keindahan alam bawah laut dan suasana yang kondusif menjadi daya tarik Bunaken. Kalau Anda dan pasangan sama-sama senang diving, servis di tempat ini juga relatif lebih murah dibanding jika Anda diving di luar negeri. 

Foto: Instagram/exploremanado

4. Puncak, Bogor
Mau bulan madu yang lokasinya dekat dengan Jakarta? Jalan-jalan ke Puncak, Bogor solusinya. Lokasinya yang tak jauh dari Jakarta membuat Puncak menjadi alternatif wisata favorit banyak orang. Anda dan pasangan bisa melakukan jelajah kuliner di sekitar Bogor, atau staycation di hotel di Puncak.

5. Bandung
Kota kreatif ini selalu punya destinasi menarik yang bisa dikunjungi bareng pasangan, dari wisata alam, hotel untuk staycation, kafe-kafe lucu, sampai kuliner nostalgia di Bandung. Anda juga bisa mampir ke galeri-galeri seni yang ada di bandung seperti Selasar Sunaryo Art Space, Lawang Wangi, atau Roemah Seni Sarasvati. 

Sightseeing santai di Jalan Braga (Foto: Instagram/agsutsn  via explore bandung)

6. Yogyakarta
Tak mengherankan jika Kota Gudeg ini menjadi salah satu favorit pasangan untuk menghabiskan waktu liburan bersama. Suasananya yang tenang, kuliner khas yang bikin kangen, dan tujuan wisatanya yang variatif membuat wisatawan terus berdatangan ke Jogja. Sudah sempat mampir ke Studio Alam Gamplong belum? Jika belum, coba mampir ke sana ya liburan ke Jogja berikutnya!

Studio Alam Gamplong di Jogja (Foto: Instagram/explorejogja)

7. Ubud
Ubud di Gianyar, Bali, spesifik menjadi salah satu tujuan favorit pasangan untuk liburan bersama. Tentu ini bukan tanpa alasan. Dibanding daerah Seminyak atau Canggu, Ubud memang terbilang lebih tenang dan zen banget. Selain sederet tempat wisata di Ubud yang menarik banget, di Ubud juga ada acara tahunan yang sayang untuk dilewatkan, yakni Ubud Food festival, Ubud Writers and Readers Festival, dan Ubud Village Jazz Fesstival. 

Suasana tenang yang romantis di Ubud (Foto: Instagram/exploreubud)

8. Gili Trawangan
Selain Bali, Lombok juga dikenal dengan pantai-pantai cantik dan pulau-pulau indah, termasuk Gili Trawangan. Wisata alam menjadi daya tarik utama di Gili Trawangan, terutama pantainya dengan hamparan pasir putih, serta pemandangan sunset yang romantis. Perkembangan pesat kawasan ini pun berdampak pada semakin berjamurnya hotel, cafe dan restoran.

Pemandangan bawah laut di Gili Trawangan (Foto: Instagram/explorelombok)

9. Moyo Island, Sumbawa
Pulau kecil di Sumbawa ini memiliki pantai berpasir putih dengan air yang biru, terumbu karang yang cantik, serta suasana yang tenang. Beberapa tempat yang wajib dikunjungi saat liburan ke Pulau Moyo ini antara lain Air Terjun Diwu Mbai, Air Terjun Mata Jitu, Pantai Raja Sua, dan Pantai Tanjung Pasir.

10. Kepulauan Banda, Maluku
Gugus kepulauan yang terdiri dari 10 pulau vulkanis di Laut Banda ini merupakan wilayah Provinsi Maluku. Salah satu pulau di gugus kepulauan ini adalah Banda Neira yang memiliki 25 titik selam, yang amat sayang untuk dilewatkan jika Anda dan pasangan memiliki lisensi untuk menyelam.

Destinasi tersebut diurutkan berdasarkan lokasi wisata di Indonesia dengan jumlah reservasi hotel tertinggi saat Valentine. Ada yang sudah masuk wishlist liburan Anda dan pasangan apa enggak nih?

Cover: Instagram/explorebali

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail