Apa Itu Toxic Positivity dan Mengapa Menjadi Positif Bisa Dianggap Beracun?
25 October 2020
Sesuai dengan artinya,toxic positivity adalah kepositifan beracun yang jika diartikan yaitu suatu hal positif yang ternyata beracun. Contohnya seperti apa dan mengapa pesan positif bisa menjadi beracun?

Sesuai dengan artinya, toxic positivity adalah kepositifan beracun yang jika diartikan yaitu suatu hal positif yang ternyata beracun. Contohnya seperti apa? Saat menceritakan keluh kesah Anda, lawan bicara justru meminta Anda untuk ‘melihat sisi baiknya’, bersikap tenang karena ‘semuanya akan baik-baik saja’, tidak terlalu memikirkannya karena ‘semuanya terjadi karena suatu alasan’, atau meminta Anda untuk ‘tetap positif’.

Sebenarnya pesan-pesan tersebut memang positif, tetapi jika terlalu sering mendengarnya dan Anda justru menjadi merasa sebagai pribadi yang ‘kurang bersyukur’, ‘kurang berterima kasih’, atau ‘tidak bisa berjuang dan menahan penderitaan’, inilah yang membuat pesan positif tersebut menjadi beracun. Inilah yang dimaksud dengan toxic positivity sebenarnya.

Menurut psikoterapi, Dr. Jenn Mann, studi memang menunjukkan bahwa hal positif dapat mengurangi kecemasan dan bahkan membuat hidup lebih sehat dan lebih lama. Meskipun demikian, sangat penting bagi setiap orang untuk dapat berbicara tentang perasaannya dan  mendapatkan dukungan agar bisa melewati ‘proses duka’ yang sedang dirasakan.

“Anda harus bisa jujur mengenai perasaan emosional Anda. Ketika Anda menyangkal emosi yang dirasakan, emosi itu akan selalu kembali dan semakin menguasai diri Anda. Di saat-saat terburuk, itu akan membuat Anda menjadi pemarah dan melukai perasaan orang-orang di sekitar,” jelas Dr. Jenn.

Saat Anda berkeluh kesah dengan orang terdekat, beri tahu mereka (dengan cara yang baik) bahwa upayanya untuk menghibur dengan kata-kata positif justru membuat Anda merasa lebih buruk. Biarkan mereka tahu bahwa Anda ingin didengarkan serta perasaan marah, frustrasi, dan cemas Anda diakui. Katakan juga Anda tidak ingin mereka selalu mengubahnya menjadi kalimat positif.

Dr. Jenn bilang, “Ingatlah, tidak apa-apa jika Anda merasa tidak baik-baik saja dan Anda pantas mendapatkan dukungan. Memiliki orang yang dapat diajak bicara tentang perasaan Anda tanpa perlu memberikan toxic positivity juga sangat penting karena akan membantu melewati masa sulit lebih cepat.”

Cover: Kpop Jacket Lady

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail