Anjuran dan Larangan dari Ahli untuk Merawat dan Mencuci Handuk Anda
23 July 2021
Meskipun sering tidak terlalu dipentingkan, tetapi sebenarnya mencuci handuk juga tidak boleh sembarangan, lho.

Meskipun sering tidak terlalu dipentingkan, tetapi sebenarnya mencuci handuk juga tidak boleh sembarangan karena jika Anda menggunakan handuk yang tidak bersih, hal itu bisa berakibat buruk untuk kesehatan kulit. Menurut ilmuwan Mary Johnson, berikut ini adalah 10 anjuran dan larangan yang sebaiknya dilakukan untuk merawat dan mencuci handuk Anda.

Cucilah handuk baru sebelum menggunakannya untuk pertama kali.

Setelah membeli handuk baru, langsung masukkan ke dalam mesin cuci untuk menghilangkan bahan kimia yang mungkin digunakan oleh produsen untuk membuatnya terlihat mengembang dan terasa lembut di toko.

Jangan menaruh handuk basah atau lembap ke dalam keranjang cucian.

Membiarkan handuk di sana terlalu lama bisa menyebabkan handuk bau dan berjamur.

Cuci handuk setelah 2-3 kali penggunaan.

Jika handuk mulai terasa kaku atau kurang menyerap, tambahkan cuka atau boraks ke mesin cuci setiap beberapa kali untuk menyegarkannya dan menghilangkan residu deterjen.

Jangan membebani mesin cuci dengan handuk.

Mencuci terlalu banyak handuk yang berat sekaligus akan membebani mesin cuci sehingga mungkin tidak akan tercuci dan terbilas dengan benar.

Jangan menggunakan deterjen terlalu banyak.

Jangan tambahkan tidak lebih dari dua sendok makan deterjen saat mencuci handuk karena jika terlalu banyak dapat menyebabkan penumpukan yang membatasi daya serap handuk.

Gantung handuk setelah digunakan.

Ini berguna untuk membantu mengeringkan handuk dengan benar dan mencegah bau. Setelah mandi, gantung handuk dengan cara dilebarkan agar bisa kering sepenuhnya untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan memperpanjang waktu antara mencuci. Hindari menggantung menggunakan pengait, yang dapat menyebabkan kelembapan terperangkap di dalam lipatan handuk.

Jangan tambahkan pelembut kain.

Ini akan melapisi serat dengan residu licin dan menghambat penyerapan air. Sebagai gantinya, gunakan bola pengering wol untuk meningkatkan sirkulasi udara dan membantu serat mengembang.

Punya dua handuk per orang.

Ini jumlah minimal dan lebih banyak lebih baik lagi. Simpan empat handuk per orang jika lebih sering digunakan (dan karenanya akan lebih sering dicuci).

Jangan berlebihan dengan pemutih.

Ini bagus untuk menghilangkan noda dari handuk putih, tetapi penggunaan yang sering akan merusak serat dan memperpendek umurnya.

Perhatikan rutinitas perawatan tubuh.

Jika Anda menggunakan produk perawatan yang dapat menyebabkan perubahan warna, lebih baik gunakan waslap khusus untuk membasuh kulit sehingga tidak akan meninggalkan noda di handuk Anda.

Cover: Daily Mail

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail