Aneka Cara Menabung Rp20 Juta Setahun Tanpa Diambil Buat Jajan
18 August 2021
Berikut ini beberapa cara menabung Rp20 juta dalam setahun tanpa diambil-ambil untuk keperluan lainnya.

Menabung adalah cara pengelolaan keuangan yang bermanfaat untuk menyiakan dana cadangan di masa depan. Menurut berbagai pakar keuangan, ketika kita memutuskan untuk menabung, kita perlu memiliki tujuan, entah berupa jumlah atau keperluan lain, dan juga memiliki target waktu yang ingin dicapai. Dengan adanya tujuan dan target waktu, maka kita bisa lebih komitmen dalam menabung. 

Nah, bila Anda memiliki tujuan menabung berupa jumlah nominal, tidak perlu terlalu besar. Anda bisa mulai dari Rp20 juta dalam setahun. Anggap tujuan menabung ini untuk pelajaran menabung awal supaya Anda lebih terbiasa menabung. Lalu, bagaimana cara menabung Rp20 juta dalam setahun tanpa diambil buat jajan yang bisa kita lakukan? Simak berikut ini. 

1.Pisahkan rekening tabungan dan rekening jajan

Supaya kita tidak tergoda buat mengambil uang yang kita sisihkan, Anda bisa memisahkan antara rekening buat jajan dan buat ditabung. Nah, untuk rekening tabungan, Anda bisa meninggalkan kartu ATM di rumah sehingga Anda tidak tergoda untuk mengambil uang dari rekening tersebut. 

2.Jangan gunakan mobile banking

Untuk rekening khusus tabungan, Anda bisa memilih rekening yang tidak ada mobile banking atau internet banking. Cara ini bisa menahan Anda untuk mengambil uang dan membelanjakannya dari rekening tabungan secara online. Selain itu, Anda juga bisa 'sedikit' melupakan rekening tabungan yang Anda miliki sehingga tidak mudah tergoda untuk memakainya.

3. Gunakan automatic debit ke rekening tabungan

Hampir semua bank menyediakan fitur automatic debit atau debit otomatis masuk ke dalam rekening tabungan, yang tidak bisa diambil dalam jangka waktu tertentu. Nah, kalau Anda ingin mencapai target Rp20 juta setahun, Anda bisa memanfaatkan fitur ini. Jadi, Anda bisa menyiapkan uang Rp750 ribu sampai Rp 1 juta untuk ditabung secara otomatis. Biasanya, rekening tabungan ini tidak bisa diambil sampai masa akhir jangka waktu yang ditetapkan.

4. Kumpulkan uang kembalian

Nah, cara berikutnya yang paling mudah adalah mengumpulkan uang kembalian. Siapkan celengan di rumah, lalu masukan semua uang kembalian yang Anda miliki ke dalam celengan tersebut. Namun, jangan membuka celengan tersebut sampai batas waktu yang telah Anda tentukan.

5. Kurangi jajan

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk menabung adalah dengan mengurangi kebiasaan jajan. Ganti kebiasaan boros Anda dengan yang lebih hemat. Misalnya, kalau Anda sering makan di luar, cobalah membuat masakan sendiri di rumah. Tentu, cara ini akan membantu Anda menghemat lebih banyak.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menabung Rp20 juta dalam setahun. Coba biasakan menabung sedikit demi sedikit, nanti lama kelamaan, tabungan Anda pun akan semakin banyak. Selamat mencoba!

 
Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail