7 Perilaku Ramah Lingkungan di Kantor
03 November 2017
Belum semua orang terbiasa menyayangi bumi. Padahal, caranya tidak sulit dan bisa diterapkan di mana-mana, termasuk di kantor. Tapi, sering kali orang beralasan, “Ah, bukan saya, kok, yang ru ...

Belum semua orang terbiasa menyayangi bumi. Padahal, caranya tidak sulit dan bisa diterapkan di mana-mana, termasuk di kantor. Tapi, sering kali orang beralasan, “Ah, bukan saya, kok, yang rugi. Kan, pakai fasilitas kantor.” Hmm… mindset inilah yang perlu diubah. Ini beberapa contoh perilaku ramah lingkungan yang sederhana, yang bisa Anda terapkan di kantor:

1. Go paperless

Masih banyak orang yang sedikit-sedikit nge-print. Jika tidak sangat mendesak untuk dicetak, misalnya dokumen penting yang perlu tanda tangan basah atau materai, tak usahlah mencetak dokumen. Toh, notulen hasil rapat bisa disebar via email.

Baca juga: 

Aturan Pakai Kulkas Bersama Di Kantor

2. Habiskan minuman

Perusahaan biasanya menyediakan minuman di meja kerja dan ketika rapat. Jika Anda mengambilnya, jangan lupa habiskan. Sayang jika ada air terbuang. Kesannya sepele, tapi banyak, lho, orang yang tak punya akses terhadap air bersih.

Foto: Pexels3. Aktifkan hibernate mode di komputer

Saat akan menghadiri acara di luar kantor atau meeting berjam-jam di ruang rapat, pastikan komputer Anda dalam hibernate mode. Dalam posisi ini, komputer dalam keadaan mati, tapi pekerjaan Anda belum ditutup. Ketika Anda kembali menyalakan komputer, pekerjaan Anda akan langsung terpampang di layar.

4. Minimalkan jam lembur

Lembur berarti pemakaian listrik dan AC akan bertambah besar. Jika Anda mampu bekerja dengan cerdas, rasanya tidak sampai perlu lembur setiap hari. Hemat energi juga bagian dari perilaku ramah lingkungan.

5. Satu kali flush toilet

Tunggulah sampai tangki toilet Anda penuh terisi air. Jika belum penuh dan Anda menekan tombol flush, air yang terbuang akan lebih banyak. Dan, flush satu kali itu cukup, kok.

Foto: Pixabay6. Cabut kabel dari colokan

Saat akan pulang, semua peralatan elektronik dimatikan dan cabutlah dari colokan listrik, termasuk juga kabel charger, televisi, dan komputer. Kabel yang tertancap di colokan akan terus menyerap energi listrik, meskipun peralatan elektronik dalam keadaan mati.

7. Maksimalkan energi matahari

Ini bisa dilakukan jika area kerja Anda punya jendela kaca. Jika memungkinkan, duduklah membelakangi jendela. Matikan lampu dan biarkan cahaya matahari yang jadi penerang alami. Memanfaatkan alam dengan bijak juga merupakan perilaku ramah lingkungan, lho.

Foto: Pexels

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail