7 Kuliner Tempo Dulu di Bandung, dari Warung Kopi sampai Lontong Kari
31 October 2019
Tempat wisata kuliner tempo dulu di Bandung, dari warung kopi purnama sampai lontong kari kebon karet

Bandung selalu punya destinasi baru untuk dikunjungi saat kita menghabiskan akhir pekan di Kota Kembang tersebut. Dari wisata alam, penginapan yang instagrammable, sampai wisata kuliner ke kafe-kafe hits, ada saja yang harus kita datangi. Namun, Bandung tidak Cuma punya tempat kuliner yang baru dan hits, melainkan juga kuliner tempo dulu yang legendaris. Dari Warung Kopi Purnama sampai Lontong Kari Kebon Karet, berikut ini tujuh tempat wisata kuliner tempo dulu di Bandung yang wajib Anda cicipi kelezatannya! 

1. Warung Kopi Purnama
Kedai kopi tertua di Bandung yang dulunya bernama Chang Chong Se ini memiliki interior tempo dulu dengan atap yang tinggi, kursi oldies, dan meja berdesain vintage. Kalau mampir ke sini, wajib banget memesan kopi purnama yang legendaris itu, dan roti bakar atau roti kukus selai srikaya yang bisa bikin Anda selalu ingin kembali ke kedai kopi yang sudah ada sejak tahun 1930 ini. Kalau kebetulan Anda ke Warung Kopi Purnama di jam makan, tenang saja. Selain menyediakan menu kopi dan kudapan, di sini juga ada makanan 'berat' seperti nasi goreng, mie yamin, sampai nasi timbel komplet!

Roti bakar srikaya di Warung Kopi Purnama (Foto: Instagram/warungkopipurnama) 

2. Wedang Ronde Alkateri
Seporsi ronde di sini berisi kuah jahe dan bola-bola ronde yang teksturnya kenyal. Nah, yang membedakan menu di warung yang sudah berjualan ronde sejak 1984 ini adalah ukuran dari si bola-bola ronde tersebut, yaitu yang berukuran besar dengan isian kacang tanah di dalamnya, ronde kecil, atau ronde campur besar dan kecil. Paling nikmat menyantap wedang ronde ini tentu di malam hari, terutama di musim hujan. Wih, mantap betul!

Kedai ronde Alkateri yang berada di Paskal Food Market Bandung (foto: Instagram/ronde_jahe_alkateri_official)

3. Toko Roti Sidodadi
Berjarak sekitar 500 meter dari Warung Kopi Purnama, Toko Roti Sidodadi yang juga legendaris ini bisa dicapai dengan berjalan kaki, lho. Toko roti ini sudah beroperasi sejak tahun 1954 dan saat ini sudah diteruskan oleh generasi ketiga. Awalnya Toko Roti Sidodadi ini hanya menjual kue carabikang, sebelum akhirnya juga memproduksi berbagai varian roti. Sesekali kalau ke Bandung coba, deh, cicipi roti dari tempat ini!

Roti dan kue lain yang juga tersedia di Toko Roti Sido Dadi Bandung (Foto: Instagram/explorebandung)

4. Roti Gempol
Roti Gempol ini berada persis di balik gang Kupat Tahu Gempol yang terkenal itu. Gempol sendiri merupakan nama jalan tempat keduanya berlokasi. Nah, meski di Roti gempol yang sudah beroperasi sejak 1958 ini juga tersedia berbagai varian roti, juaranya Roti Gempol adalah roti bakar gempol yang yahud banget itu. Ada pilihan roti bakar asin dan manis, yang porsinya bisa untuk beramai-ramai. Dari rasa sampai porsi, nampol banget deh, roti bakal gempol ini!

Penjual membuat roti bakar pesanan pelanggan di Roti Gempol Bandung (Foto: Instagram/explorebandung)

5. Mie Yamin Naripan
Mie Naripan yang sudah berdiri sejak 1965 ini punya resep mie yamin turun temurun yang tetap eksis hingga saat ini. Mie yamin di sini juga disajikan dengan banyak variasi pelengkap, dari bakso, babat, pangsit, hingga taburan ekstra keju yang gurih. Porsi mie yamin naripan ini termasuk jumbo. Jadi buat Anda yang biasa makan sedikit, sebaiknya berbagi dengan teman baik, karena kalau bukan teman baik, ya, nanti pembagian porsinya nggak bener, hehehe.

Mie yamin naripan bandung (Foto: Instagram/stellachubby)

6. RM Linggarjati
Dari luar bangunannya, RM Linggarjati ini bercat hijau tosca terang yang mengingatkan pada restoran tempo dulu lainnya, yaitu Restoran Trio di daerah Menteng, Jakarta Pusat, yang sama-sama bercat hijau. Lokasinya sendiri terletak di Jl. Balonggede, jalan kecil satu arah yang lokasinya dekat dengan Alun-alun Kota Bandung. Menu wajib pesan kalau Anda mampir ke rumah makan yang sudah berjualan sejak tahun 1950 lalu ini adalah mie ayam dan es alpukat, yang sekilas mirip jus tapi bukan. Es Alpukat di sini dibuat dengan mengaduk avokad sampai teksturnya cukup halus lalu ditambah gula jawa. Segar!

Es alpukat Rumah Makan Linggarjati Bandung (Foto: Zomato)

7. Lontong Kari Kebon Karet
Makanan khas Jawa Barat ini populer banget di Bandung dan mudah Anda temui di beberapa pinggiran jalan kotanya. Nah, salah satu yang paling terkenal adalah Lontong Kari Kebon Karet di Jalan Otto Iskandar Dinata, yang cuma berjarak 400 meter dari Stasiun Bandung. Meskipun buka sampai jam tujuh petang, sebaiknya datang di pagi hari. Selain badan masih segar, pilihan menu dan pelengkapnya pun masih lengkap!

Lontong Kari Kebon Karet (Foto: Mardyana Ulva)

Duh, jadi lapar, nih, membayangkan makanannya. Ada yang jadi favorit Anda juga nggak dari ketujuh tempat tersebut?

Cover: Instagram/explorebandung

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail