5 Galeri Seni di Jogja Wajib Kunjung Saat Liburan ke Kota Gudeg
19 March 2019
Yogyakarta memang istimewa. Bukan hanya karena berjuluk kota Gudeg dan kota pelajar, serta punya sejarah panjang Keraton Jogja sendiri, kota ini juga punya kekhasan seni yang berbed ...

Yogyakarta memang istimewa. Bukan hanya karena berjuluk kota Gudeg dan kota pelajar, serta punya sejarah panjang Keraton Jogja sendiri, kota ini juga punya kekhasan seni yang berbeda dengan tempat lain di Indonesia seperti Bali atau Bandung. Karena itu, nggak salah kalau Anda menyempatkan sehari khusus saat liburan ke Jogja untuk melakukan eksplorasi (atau relaksasi) visual ke beberapa galeri seni berikut ini!

1. Sangkring Art Space 
Galeri yang berlokasi di Jalan Nitiprayan No. 88 Kabupaten Bantul ini didirikan oleh pelukis asal Bali, Putu Sriwijaya, di tahun 2007.  Anda bisa mampir ke Sangkring Art Space yang ruangannya biasa digunakan sebagai galeri pamer untuk karya-karya seni seperti lukisan, patung dan seni instalasi

Ruang pamer karya seni di Sangkring Art Space (foto: Instagram/sangkringart)



2. Ruang MES 56 
Dijalankan oleh sekelompok seniman, ruang seni bernama Ruang Mes 56 ini bertujuan untuk mendukung dan mempromosikan fotografi kontemporer dan seni visual Indonesia. Namun nggak hanya seniman saja yang bisa mampir ke sini, karena Ruang Mes 56 kerap menggelar kegiatan sehingga masyarakat umum bisa ikut bergabung dalam aktivitas mereka. Ruang MES 56 ini ada di Jln. Mangkuyudan No. 53, Mantrijeron, Kota Jogja. Yuk, mampir!

Meski berbasis komunitas, masyarakat umum bisa gabung juga di beberapa kegiatan (foto: Instagram/RuangMes56)



3. Langgeng art space
Ruang seni yang berada di sekitar Jl. Suryodiningratan, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, ini merupakan lembaga seni rupa kontemporer yang memfasilitasi penciptaan presentasi dan diskusi. Lembaga ini didirikan oleh Deddy Irianto pada 2010 dengan tiga ruang galeri. Tersedia juga taman dan panggung yang bisa digunakan untuk pertunjukan musik maupun acara lainnya, juga kafe kecil yang berada di pintu masuknya. Nyaman banget!

Salah satu sudut di Sangkring Art Space (foto: Mardyana Ulva)

4. Cemeti Institut (Instagram: @cemeti.institut)
Didirikan secara mandiri oleh Mella Jaarsma dan Nindityo Adipurnomo pada 31 Januari 1988, galeri seni ini juga banyak digunakan oleh para seniman kontemporer dari dalam dan luar negeri untuk memamerkan karyanya. Beberapa kreator terkenal yang pernah memamerkan karyanya di sini antara lain Agung Kurniawan, Anusapati dan Ugo Untor. 

Aktivitas seniman di Cemeti (foto: Instagram/cemeti.institut)5. Kedai Kebun Forum
Ruang seni ini berada di area yang sama dengan Langgeng Art Foundation dan Cemeti Institut, persisnya di Jl. Tirtodipuran No.3. Dengan konsep ruang yang lebih santai, Kedai Kebun Forum tidak hanya berfungsi sebagai tempat pameran karya seni, namun juga sebagai toko buku, restoran dan tempat untuk mengadakan pertunjukan terbatas. Tempatnya asri, membuat Anda betah berlama-lama berada di sana!

Pintu depan galeri Kedai Kebun Forum (foto: Mardyana Ulva)

Cover: Mardyana Ulva

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail