4 Fakta Keren Terminal 3 Ultimate Ini Siap Saingi Changi
20 June 2016
Kabar gembira, Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta akan beroperasi setelah Lebaran!

Kabar gembira, Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta akan beroperasi setelah Lebaran!

Berikut 4 keistimewaan T3 Ultimate yang disebut-sebut akan mampu menyaingi Bandara Changi:

1. Arsitektur dan desain interior yang maksimal.
Terminal sepanjang 2,4 km dan seluas 422.804 meter persegi ini memiliki arsitektur dan desain yang secara keseluruhan bergaya modern. Walau design principal T3 Ultimate ini dipegang oleh Woodhead Australia, tapi pengembangan dan pelaksanaan desainnya tetap dijalankan oleh konsultan arsitek dan desain dalam negeri, yaitu GMDI dan Atelier 6.

Untuk desain interiornya, terminal ini juga memadukan kearifan lokal (seni, budaya, kuliner) dengan konsep eco-green. Karenanya, selain bisa merasakan kentalnya budaya Indonesia pada area Retail Village dan Market Place, kita semua juga akan bisa menikmati desain-desain minimalis yang bersahabat pada area lounge.

PT Angkasa Pura II, selaku pelaksana proyek bandara ini pun mengajak sejumlah seniman top dalam negeri untuk mempercantik T3 Ultimate. I Nyoman Nuarta, Jay Subiyakto, Sardono W. Kusumo, Eko Nugroho, Ichwan Noor, serta Tromorama adalah beberapa seniman yang akan memamerkan karyanya. Benar-benar total!

Uniknya, kaca yang menutupi hampir seluruh gedung T3 Ultimate ini dibuat rangkap tiga; sangat nyaman bagi siapapun yang ada di dalamnya.

2. Fasilitas yang lengkap, modern, dan canggih.
Terdiri atas 5 lantai, T3 Ultimate juga dilengkapi beberapa fasilitas keren lain, diantaranya adalah hotel yang tersedia di dalam bandara, transportasi bus dan monorel antar-terminal (people mover), check-in area berbentuk delapan pulau, lahan parkir yang mampu menampung hingga 2.600 mobil dan 2.600 motor, serta jembatan layang yang terhubung dengan kereta bandara.

Terminal yang juga diklaim akan menjadi salah satu bandara terbaik se-Asia Tenggara ini dipersiapkan untuk melayani 25.000.000 penumpang/tahun. Rencananya, semua penerbangan internasional dari 2D dan 2E akan dipindahkan ke terminal ini mulai Januari 2017 mendatang. 

3. Menerapkan eco-green technology.
T3 Ultimate menggunakan sistem IBMS (Intelligent Building Management System) pada setiap detail fungsional gedungnya (air, listrik, dsb). Sistem manajemen terpadu yang berbasis navigasi tersebut akan menghemat pengeluaran energi dan biaya operasional gedung, sehingga lebih ramah dan berkesinambungan bagi lingkungan sekitar. Penggunaan LED pada sumber penerangan dan energi solar pada lampu-lampu jalan adalah beberapa contoh penerapan IBMS di T3 Ultimate.  

Tak lupa, T3 Ultimate juga difasilitasi rain water system yang akan memanfaatkan air hujan menjadi air bersih, serta recycle water system yang akan mengolah air kotor menjadi air bersih. Canggih, ya?

4. Sistem keamanan yang terjamin.
Setidaknya terdapat dua jenis teknologi canggih yang diaplikasikan pada sistem keamanan T3 Ultimate. Yang pertama, BHS (Baggage Handling System) otomatis yang mampu mendeteksi adanya bahan peledak pada suatu barang dengan tingkat akurasi tinggi. Dengan BHS ini, penumpang pun bisa mengurus langsung barangnya masuk ke bagasi menggunakan barcode, sehingga tidak memerlukan jasa porter lagi.

Yang kedua, ASS (Airport Security System)-nya bekerja layaknya intel. Ratusan CCTV yang terpasang di bandara akan mendeteksi wajah setiap pengunjung, dan secara otomatis masuk ke dalam daftar pihak yang berwajib. Urusan barang yang tertinggal atau hilang pun akan lebih mudah diatasi dengan adanya teknologi ini.

Fixed: kami semua bangga dan tak sabar ingin segera menikmati Terminal 3 Ultimate ini, yay!

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail