10 Hal di Ubud Ini Pantang Dilewatkan, Dari Monkey Forest Sampai Bukit Campuhan
11 November 2019
Dari Monkey Forest sampai Babi Guling Ibu Oka, 7 hal ini pantang dilewatkan saat liburan ke Ubud, Bali.

Berbeda dengan Seminyak, Canggu, atau Uluwatu, kawasan Ubud di Gianyar, Bali, ini punya pesonanya sendiri. Lekat dengan suasana tenang khas desa-desa di Bali yang bikin tenteram, Ubud juga dikenal sebagai pusat kesenian dan kebudayaan di Bali. Tak heran jika sederet acara kultural tahunan seperti Ubud Witers and Readers Festival, Ubud Village Jazz Festival, dan festival yoga tahunan Bali Spirit pun menggelar kegiatannya di tempat ini.

Nah, kalau Anda sedang liburan ke Ubud, 10 hal paling khas di Ubud ini pantang banget dilewatkan. Dari Monkey Forest sampai Babi Guling Ibu Oka, simak daftarnya berikut ini, yuk!

1.     Sacred Monkey Forest
Tempat ini disebut monkey forest karena memang di sana ada habitat kera yang hidup di Kawasan hutan lindung. Daya Tarik utama tempat ini pun tak lain adalah kehadiran kera-kera yang sudah jinak tersebut. Yang paling epic adalah wisatawan bisa selfie bareng kera di sana, seperti foto di bawah ini. Namun karena di sini ada pura yang merupakan tempat suci, tetap jaga kesopanan dan patuhi aturan yang berlaku, ya.

Selfie bareng kera di Monkey Forest (Foto: Explorebali)

2.     Pura Gunung Lebah
Pura bersejarah yang berada di bawah jembatan Campuhan ini juga ikonik banget dengan Ubud. Dulu masyarakat bermukim di sekitar pura ini karena ada banyak tanaman obat yang tumbuh di sana. Tanaman obat itu dalam Bahasa local disebut ubad, dan dari sanalah Ubud berasal.

Pura Gunung Lebah di Ubud (Foto: Mardyana Ulva)

3.     Tegalalang Rice Terrace
Tidak dipungut biaya tiket masuk untuk bisa menelusuri area sawah tarasering yang instagrammable ini, tetapi ada sumbangan yang dipungut warga pengelola tempat di beberapa titik tempat ini. Kalau lelah berkeliling, di tepian tarasering ikonik ini ada berbagai restoran teduh yang menyediakan masakan local untuk makan dan beristirahat.

Persawahan tarasering Tegalalang (Foto: Instagram/explorebali)

4.     Campuhan Ridge Walk
Trek yang berada di punggung bukit ini Instagrammable banget dan sudah menjadi salah satu spot foto paling ikonik di Ubud, lho. Lokasinya berada dalam satu Kawasan yang sama dengan Pura Gunung Lebah, jadi Anda bisa langsung mengikuti jalan setapak menuju tempat ini dari pura tersebut. Sebaiknya datang saat masih pagi atau jelang petang ya biar nggak kegerahan kena terik matahari!

Jalan-jalan bareng kesayangan di Campuhan Ridge Walk (Foto: Instagram/atiqahhasiholan)

5.     Pasar Seni Ubud
Nggak lengkap rasanya ke Ubud tanpa mampir ke Pasar Seni yang lokasinya berada persis di seberang Pura Agung Ubud. Di sini dijual berbagai barang kerajinan, dari souvenir yang bisa dijadikan oleh-oleh, sampai aksesoris seperti tas anyaman yang summer banget, juga sandal dan topi-topi cantik pelengkap gaya liburan kita!

Kios kerajinan di Pasar Seni Ubud  yang instagrammable (Foto: Instagram/eatandtreats)

6.     Infinity pool di Kamandalu Ubud
Ada begitu banyak infinity pool atau kolam renang ‘tanpa batas’ di berbagai penginapan di Ubud, bahkan di Bali. Namun satu infinity pool yang sempat begitu happening di media sosial yaitu infinity pool di Kamandalu Ubud. Sederet selebriti dan influencer beramai-ramai mengunggah momen liburan mereka di tempat ini, memamerkan serunya berenang dan sarapan di kolam luas yang menghadap langsung ke area berbukit yang rimbun dengan pepohonan.

Sarapan di kolam renang infinity poll Kamandalu Ubud (foto: Instagram/sabaidieter)

7.     Hotel Bambu Indah Ubud
Tempat ini merupakan hotel bambu di Ubud yang menawarkan pengalaman menginap yang bersinergi dengan alam. Dibangun 14 tahun lalu, hotel butik di tengah hutan ini dirancang dengan konstruksi yang ramah lingkungan. Bambu indah yang ikonik ini cocok banget buat bulan madu, nih!

Hotel Bambu Indah yang eco-friendly (foto: Condenast Travel)

8.     The Yoga Barn
Bali dan yoga memang dua hal yang tak terpisahkan. Namun di Ubud, suasananya yang zen banget itu telah menarik begitu banyak yogist dari berbagai penjuru dunia untuk menikmati harmoni alamnya. Untuk para pecinta yoga, nggak ada salahnya Anda menikmati liburan dengan menginap di pusat retreat The Yoga Barn, dan mengikuti beberapa dari 100 kelas yang digelar dalam seminggu di tujuh studio yang ada di dalamnya.

Beryoga dan dapat teman baru di The Yoga Barn (foto: Instagram/theyogabarn)

9.     Seniman Coffee Studio Ubud
Banyak wisatawan penikmat kopi yang sengaja datang ke Ubud untuk mampir ke Seniman Coffee Studio yang berada di Jalan Sri Wedari No.5 ini. Tak pernah sepi, di kedai kopi ini pengunjung bukan cuma bisa menyesap kopi, tetapi juga membeli berbagai hal soal kopi, seperti gelas kopi, serta kopi yang masih berupa biji-bijian maupun bubuk.

Penyajian kopi di Seniman yang unik (Foto: Instagram/senimancoffee)

10.  Warung Babi guling Ibu Oka
Selain ikonik dengan Monkey Forest, kalau dalam hal kuliner rasanya tepat memasangkan Ubud dengan Warung Babi Guling Ibu Oka. Termasyur sejak 1950-an, warung rintisan bu Oka ini merupakan pelopor babi guling di Ubud. Bagi wisatawan penikmat daging babi, rasanya pantang melewatkan makan di sini saat liburan ke Ubud.

Sepiring babi guling ibu oka (Foto: Instagram/anazsiantar)

Itulah tadi kesepuluh hal paling ikonik di Ubud, dari wisata budaya sampai kulinernya. Ada yang sudah jadi tempat favorit Anda, atau masih dalam wishlist nggak nih?

Cover: Instagram/kiranalarasati

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail