Waspada! Ini 7 Tanda Seseorang Sedang Berbohong Pada Anda

1505617215698
Article by katharina.menge | Writer
  • Share
Waspada! Ini 7 Tanda Seseorang Sedang Berbohong Pada Anda

Di zaman sekarang yang sangat marak dengan aneka kejahatan, Anda mulai dituntut untuk semakin waspada dengan segala kebohongan. Terlebih kasus penipuan semakin banyak terjadi di sekitar Anda. Tentunya Anda tidak bisa menuduh orang sembarangan, sebab salah-salah malah bisa membuat Anda jadi dijauhi. Anda harus tahu dulu ciri-ciri saat ada orang yang berusaha mengelabui Anda. Coba lihat 7 tanda ini untuk semakin meyakinkan apakah orang yang ada di hadapan Anda sedang berbohong atau tidak.

Baca juga: 

Kebohongan-Kebohongan Yang Sering Diucapkan Di Tempat Kerja

1. Perubahan suara. Orang yang berbohong tanpa sadar mengalami perubahan suara. Yang biasanya kalem jadi tergesa-gesa dan yang terbiasa pelan tiba-tiba suaranya meninggi.

2. Sering berkedip atau gelisah. Perhatikan mata lawan bicara Anda. Jika matanya sering berkedip dan terlihat gelisah bisa jadi dia mengarang cerita di dalam kepalanya untuk membohongi Anda.

Sumber: Explosion

3. Tiba-tiba menggunakan kata pertama "aku". Tiba-tiba ada seorang teman yang sudah lama tak berkabar menghubungi. Dia yang biasanya bercanda dan suka ngobrol biasa mendadak bicara dengan kata ganti 'aku'. Smell fishy!

4. Kecenderungan menggunakan kata-kata emosional, seperti sakit atau marah. Orang yang berbohong pasti memanfaatkan sisi emosional Anda untuk mengasihi mereka hingga akhirnya Anda terjebak.

Baca juga: 

Hentikan 7 Kebohongan Ini yang Sering Dikatakan Pada Diri Sendiri

5. Tidak melakukan kontak mata saat berbicara. Ini termasuk cara yang paling mudah dilakukan dan terbukti ampuh. Kalau lawan bicara Anda menghindari menatap mata Anda saat bicara, itu berarti ada hal yang dia sembunyikan.

6. Terlihat memegang anggota tubuh. Seperti telinga, leher, kerah baju, atau mulut. Itu adalah teknik menenangkan diri yang digunakan orang yang berbohong untuk menurunkan rasa groginya.

Sumber: Westside Toastmasters

7. Sikap tidak konsisten atau ekspresi wajah tidak sesuai dengan kata-kata. Orang tersebut bilang butuh bantuan untuk segera menolong keluarga yang sakit, tapi dia masih bisa tersenyum dan tertawa-tawa dengan Anda. Aneh, kan?

Cover: The Unbounded Spirit

 

  • Share
  • 0
  • Komentar ( 0 )