Life Hacks

Trik Menemukan Hewan Peliharaan Yang Hilang

Hewan kesayangan hilang, siapa yang tidak panik? Jangan khawatir, berikut trik yang dapat Anda lakukan jika anjing atau kucing kesayangan kabur dari rumah. 

Anjing
Jika anjing peliharaan Anda tidak dipasangi microchip, maka proses pencarian harus dilakukan secara manual. Caranya, simpan pakaian yang telah Anda kenakan seharian dan mainan kesayangannya di kotak terbuka, lalu simpan di beberapa tempat, seperti di depan pagar rumah dan di jarak 100 meter dari rumah. Taruh catatan agar tidak ada orang yang membuang atau memindahkan kotak ini. 

Trik ini memanfaatkan daya penciuman anjing dan kedekatannya dengan sang majikan secara psikologis. Jika anjing belum kabur terlalu jauh, ia akan keluar dari persembunyiannya dan mencari di mana sumber aroma pakaian orang kesayangannya. 

Kucing
Ada dua cara untuk mencari kucing yang kabur dari rumah. 

Pertama, jika belum ditemukan selama 1x24 jam, carilah di jarak kurang dari 50 meter dari rumah. Saat kucing pergi dari rumah, biasanya ia hanya ‘iseng’ atau mengejar sesuatu yang menarik perhatiannya, seperti tikus atau burung. Carilah di atas atap, garasi, atau halaman rumah tetangga. 

Cara kedua, hampir sama dengan trik mencari anjing, hanya saja pancingannya diganti dengan litter box tempat kucing Anda biasa buang hajat. Bagi kucing, buang air besar sama seperti menandai teritori, sehingga jika ia memiliki tempat pup sendiri di rumah, ia akan menganggapnya seperti singgasana kerajaan. 

Taruh litter box berisi pasir di depan pagar rumah. Lebih baik lagi jika di dalamnya masih terdapat sisa-sisa kotoran kucing Anda, sehingga ia dapat mengendus kotorannya sendiri. 

***
Untuk mencegah hilangnya hewan kesayangan, lebih baik jika dipasang microchip yang dapat mendeteksi lokasi mereka. Biayanya sangat terjangkau dan dapat diperoleh di klinik hewan terdekat. 

Foto cover: Westmifflinpolice

  •   0
  Komentar ( 0 )
Kirim
Pilih Pakar
Komentar Lainnya
Belum ada komentar