Tips Tetap Sehat Ketika dan Setelah Lebaran

1528972213964
  • share line
  • share bbm
Tips Tetap Sehat Ketika dan Setelah Lebaran

Puasa bukan hanya bermanfaat dari segi spiritual tetapi juga memberikan manfaat pada tubuh dan kesehatan Anda. Manfaat puasa bahkan telah teruji berbagai penelitian ilmiah. Dr. Yoshinori Ohsumi dari Jepang bahkan dianugerahi Nobel berkat penelitiannya terhadap manfaat puasa. Berbagai sel rusak yang ada di tubuh Anda digantikan oleh sel-sel yang baru lewat proses yang dikenal dengan autofagi.

Sementara makanan yang disajikan di hari raya identik dengan daging merah, hidangan dengan kandungan minyak dan lemak yang tinggi, hingga makanan manis kaya gula. Kalau Anda tidak hati-hati, berat badan Anda bisa melonjak tinggi setelah hari raya. Namun jangan khawatir, ini tips agar Anda tetap sehat tanpa sengsara ketika dan sesudah hari raya.

1. Anda mungkin tidak lagi sahur tapi usahakan selalu memulai hari Anda tidak dengan perut kosong. Jadi sebelum pergi salat Eid, isi perut dengan makanan ringan yang mengenyangkan.

Baca juga: 

Serunya Belajar Mengendalikan Diri Saat Lebaran di Woman Talk Class Bersama Polytron

2. Bertamu ke tetangga dan saudara, Anda sudah pasti akan disuguhkan berbagai hidangan khas hari raya. Menolak jamuan mungkin bukan ide terbaik, untuk mengakali hal ini, jangan tergoda untuk mencoba makanan dalam porsi besar. Cicipi makanan yang Anda suka dengan porsi kecil sehingga Anda tidak begah dan tubuh pun tidak kaget. 

3. Jika Anda selalu berakhir dengan menyesali kenaikan berat badan karena liburan, aturan sederhana ini akan membantu setiap pecinta makanan untuk tetap sehat: makan sampai Anda 80% kenyang. 

Baca juga: 

Siapkan Hal Ini Sebelum Memperkenalkan Kekasih ke Keluarga Saat Lebaran Nanti

4. Setelah sebulan berpuasa, semua terlihat sangat nikmat dan lezat. Ini menjadi tantangan sendiri untuk bisa menahan diri. Jangan khawatir! Ada cara yang mudah untuk menahan keinginan untuk mengonsumsi semua makanan tersebut. Selalu simpan segelas air di dekat Anda dan minumlah secra berkala. Dengan meminum air, tubuh Anda akan berfikir bahwa Anda sudah kenyang, hal ini diungkapkan oleh Dr. Amanda Daley, Spesialias Pengobatan Perilaku dari University of Birmingham. Hal ini merupakan cara yang mudah dan efektif untuk mencegah asupan kalori berlebihan. Satu teguk air putih di sela-sela makan Anda dapat memperlambat proses makan Anda, tanpa menambahkan kalori dan membuat Anda terhidrasi juga. 

5. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan memasak sendiri makanan-makanan yang akan disajikan ketika hari raya. Pastikan Anda memakai bahan-bahan yang lebih sehat, mengurangi garam dan gula dalam hidangan, hingga memperbanyak buah dan sayuran

Foto: pexels

Tag:
Makanan, Sehat, LifeHacks, Lebaran
  • share line
  • share bbm
heart 2 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK