Suka Nonton Film Horor? Ketahui Dampak Psikologisnya!

1507878011065
  • Share
Suka Nonton Film Horor? Ketahui Dampak Psikologisnya!

Siapa di antara pembaca Womantalk.com yang suka menonton film horor? Ternyata film horor itu memiliki dampak yang bermacam-macam untuk penontonnya. Sebelum bahas dampak dari film horor, ada banyak tipe-tipe orang ketika nonton film horor, ada yang menjiwai filmnya banget sampai enggak mau diganggu, ada yang pura-pura berani dan stay cool meskipun takut, ada yang dikit-dikit tutup mata atau enggak ngumpet, dan ada yang panik alias teriak-teriak sendiri padahal enggak ada apa-apa.

Baca juga: 

Gangguan Psikologis Ini Aneh Tapi Nyata

Hayo, Anda tipe yang mana ketika nonton film horor? Berdasarkan salah satu artikel di Psychology Today film horor memang memberikan efek yang berbeda-beda tergantung setiap individu. Nah, untuk Anda mau tahu beberapa efek dari film horor. Yuk, simak artikelnya!

Rasa takut
Anda pasti semua sudah tahu, dong, kalau film horor itu memberikan rasa takut ke setiap penontonnya. Mau Anda suka ataupun tidak suka menonton film horor, tapi pasti ada saja adegan yang membuat takut. Namun, terkadang rasa takut di setiap orang itu berbeda, ada yang memang sengaja menonton film horor untuk mencari sensasi dari rasa takut atau ada juga yang menonton untuk menguji nyali mereka sendiri. Kalau Anda tipe yang mana, nih?

 (Sumber: Streamline)

Memengaruhi pola pikir dan emosi
Ternyata menonton film horor itu bisa memengaruhi pola pikir dan emosi Anda, lho. Ada beberapa orang yang menonton film horor karena termotivasi melihat sesuatu yang seram, sehingga ia kemungkinan besar memiliki empati yang rendah. Sementara seseorang yang ingin menonton karena penasaran berarti memiliki empati yang tinggi terhadap pemeran utama yang sedang dihantui.

 (Sumber: Tasteofcinema)

Meredakan stres
Film horor bisa meredakan stres? Hm, ternyata bisa. Hal ini di zaman dulu disebut sebagai 'katarsis', dimana Anda terus-menerus dipaparkan dengan adegan yang lebih mengerikan sehingga merasa terbiasa terhadap perasaan negatif. Anda sebagai penonton akan memiliki perasaan yang lebih positif dan lega saat melihat korban lolos dari hantu atau kejadian menyeramkan dalam film.

 (Sumber: Bigthink)

Susah tidur
Ada juga beberapa orang yang diperlihatkan adegan-adegan menyeramkan bisa membangun beragam imajinasi. Imajinasi yang ada itu justru membuat mereka jadi susah tidur. Siapa yang kalau mau tidur jadi ketakutan dan enggak mau lampu kamarnya dimatikan? Kalau sudah begini, pasti Anda sudah merasakan ketakutan berlebihan. Imajinasi Anda pun jadi ke mana-mana.

 (Sumber: Snorezing)

Cover: Sites.psu.edu

 

Tag:
horor, mistis, misteri, film, psikologi, kepribadian, karakter, zodiak, menonton, tonton, serial, stres, tidur, simpati, empati
  • Share
3 People liked this
LIKE
BOOKMARK