Sering Belanja Tanpa Berpikir? Hentikan Dengan 5 Tips Ini

1497958221672
  • Share
Sering Belanja Tanpa Berpikir? Hentikan Dengan 5 Tips Ini

Kebiasaan perempuan yang paling buruk ketika belanja adalah tidak pernah berpikir panjang. Alhasil, barang-barang yang dilihat dan disukai, langsung diambil dan dibawa ke kasir. Setelah sampai di rumah langsung berpikir, kenapa saya membeli barang-barang tersebut?

Tenang, Anda tidak sendirian dan belum terlambat untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Bagaimana caranya?

1. Mulai mengenali nilai dan prioritas
Coba tulis dulu di dalam jurnal Anda, apa sih yang menjadi tujuan dalam hidup Anda? Apakah pergi liburan keliling Eropa? Apakah membeli rumah? Apakah menikah dengan kekasih? Dari situ, Anda bisa membuat prioritas untuk memilih ke mana uang Anda seharusnya dikeluarkan. Ingatlah, belanja itu hanya bisa memberikan kebahagiaan sesaat dan masih banyak impian lain yang ingin Anda capai. Jadi, sebelum membeli sesuatu, pikirkan hal tersebut. 

Ryan Gosling aja lihat-lihat dulu nih sebelum belanja. Eh.. (sumber: giphy)

2.  Latih mata Anda untuk memilih kualitas
Jujur, setiap kali belanja, mana yang Anda pilih, murah atau kualitas? Kalau hanya membeli pakaian, tas, atau sepatu hanya karena murah, mulailah menghentikan kebiasaan tersebut. Tabunglah uang Anda untuk membeli pakaian, tas, atau sepatu yang lebih berkualitas, meskipun harganya agak lebih mahal. Jadinya, Anda bisa menggunakan benda-benda tersebut dalam waktu lama. 

awas menyesal.. (sumber: giphy)

3. Kenali gaya pakaian Anda
Kalau Anda belanja hanya untuk mengikuti tren, inilah yang menyebabkan Anda kerap mengeluarkan uang untuk membeli pakaian baru. Untuk itu, salah satu cara yang paling mudah mengurangi pengeluaran adalah dengan mengenali gaya pakaian Anda. Lalu, mulailah bereksperimen dengan memadukan pakaian yang Anda miliki. Bila Anda memulai kebiasaan ini, Anda bisa melawan godaan untuk belanja. 

Jadi diri sendiri saja, lupakan tren. (sumber: giphy)

4. Ketahui apa yang membuat Anda belanja
Apa sih yang membuat Anda ingin membeli pakaian baru? Rasa bosan? Tidak percaya diri? Tren dari majalah fashion dan blog? Bila ini yang kerap terjadi, mulailah latihan untuk menjadikan tren sebagai tantangan bagi Anda dalam memadukan pakaian yang sudah Anda miliki. Ketimbang harus terus menerus membeli pakaian baru. Bila bosan dan merasa tidak percaya diri, mulai buka lemari pakaian Anda lebih sering lagi. Lalu, padukan apa yang ada di dalam lemari dengan cara yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. 

belanja itu emang membahagiakan tapi ada prioritas lain, ingat! (sumber: giphy)

5. Mulai rencanakan untuk belanja
Ingat, Anda perlu belanja karena Anda menginginkan dan membutuhkan sesuatu. Untuk itu, coba mulai buat perencanaan belanja. Misalnya, Anda hanya akan belanja ketika ulang tahun, hari besar, atau momen spesial lainnya. Dengan begitu, uang yang biasa Anda habiskan untuk belanja, bisa disisihkan ke dalam tabungan. 

Opps! Really? buat perencanaan sekarang! (sumber: giphy)

Mengikuti beberapa tips di atas memang menjadi tantangan. Tapi, coba katakan ini, "Sayang uang... Sayang uang..." setiap kali hendak membeli barang baru. Siapa tahu mantra saat ingin belanja ini akhirnya membuat uang Anda tetap aman. Selamat mencoba!

 

Tag:
tips, tipsbelanja
  • Share
2 People liked this
LIKE
BOOKMARK