Selain Mengurangi Stres, Melakukan Kegiatan Kreatif juga Membuat Anda Paham Beberapa Hal Berikut Ini

1531478421037
  • share line
  • share bbm
Selain Mengurangi Stres, Melakukan Kegiatan Kreatif juga Membuat Anda Paham Beberapa Hal Berikut Ini

Anda senang melakukan kegiatan kreatif seperti mewarnai atau mencipta barang-barang bernilai pakai untuk mengurangi stres? Yang dimaksud kegiatan kreatif ini tidak selalu berarti seni yang serius dengan segala makna filosofisnya, sebab dari yang sederhana saja sudah bisa membuat kita berpikir filosofis, kok.

Kegiatan kreatif ini bisa berupa melukis, memotret, juga menari, berpuisi, dan membuat lagu. Selain mengurangi stres, Anda bisa mengaitkan uraian tentang hal kreatif di bawah ini dengan banyak hal di berbagai area kehidupan lainnya, lho!

1. Medium mengekspresikan diri
Di banyak workshop kegiatan seni kreatif, pengampu biasanya memberi arahan dan bukan instruksi. Tujuannya agar pesertanya membebaskan diri dari berbagai aturan dan batasan yang umum kita jumpai dalam kegiatan sehari-hari. Kata siapa warna langit harus selalu biru atau kita tak bisa berkreasi dengan lagu yang sudah terkenal? Seni selalu punya tempat untuk menampung semua ‘keanehan’ tersebut, kok. 

 

Lewat seni dan kegiatan kreatif, sisi terdalam kita bisa punya wadah untuk mengekspresikannya

Baca juga: 

Menghasilkan Karya Kolaborasi, Hanafi Sebut Goenawan Mohamad Punya ‘Daya Rusak’ yang Rendah

2. Belajar mengenali diri
Sama seperti kita berolahraga dan kita jadi paham kemampuan diri, lewat seni kita jadi tahu sisi-sisi lain diri kita yang belum tereksplorasi. Misalnya, Anda akan terkejut ketika akhirnya bisa tertarik pada pola, bentuk, atau goresan warna tertentu, atau Anda punya cara unik saat membuat suatu kreasi yang berbeda dengan orang lain. Bukan cuma mengurangi stres, tapi juga lebih paham diri sendiri.

Dari kesalahan kita belajar cara apa yang paling pas untuk 'menyempurnakan' karya

Baca juga: 

Tanpa Sadar, Olahraga Juga Memberi Kita Manfaat Psikologis Berikut Ini!

3. Belajar paham bahwa tidak ada yang sempurna
Membebaskan diri berekspresi dan mencipta bukan hanya bermanfaat mengurangi stres, tapi juga membuat kita belajar bahwa yang dituangkan tersebut tidak selalu sempurna. Lebih spesifik lagi, tidak ada hal yang benar-benar sama. Meski demikian, dari sana juga kita belajar memahami bahwa sebenarnya kita tidak perlu menjadi sempurna untuk semua orang, asalkan punya prinsip dan idealisme khusus untuk hal-hal yang mendasar.

4. Kesalahan adalah guru terbaik kita
Anda yang perfeksionis bisa frustasi sendiri saat mulai melakukan kegiatan seni kreatif. Namun, berkreasi dengan seni membuat kita terus mencoba untuk menerima bahwa hidup ini tidak bisa lepas dari kesalahan. Kegiatan seni kreatif  juga melatih kita untuk melakukan berbagai improvisasi untuk menutupi kesalahan kita, lho. So next time you stumble, make it part of the dance!
 

When you stumble, make it part of the dance!

5. Setiap orang bisa melihat sesuatu dengan cara yang benar-benar tak terduga
Ini terlihat dari respons orang lain saat diberi suatu pemicu. Di sebuah workshop penulisan kreatif, misalnya, sempat ada satu sesi ketika kami diberi dua kata untuk dikembangkan menjadi kalimat. Uniknya, kalimat yang dihasilkan dari seluruh pesertanya benar-benar unik dan tak terduga! Yang ini bukan hanya mengurangi stres, tapi juga inspiratif!

Cover: Unsplash

Tag:
seni, kreatif
  • share line
  • share bbm
heart 3 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK