Perhatikan 4 Hal Utama Ini Agar Tetap Aman dan Nyaman Saat Berlari

1537092014653
  • share line
  • share bbm
Perhatikan 4 Hal Utama Ini Agar Tetap Aman dan Nyaman Saat Berlari

Bagi sebagian orang, berlari secara harfiah juga berarti melarikan diri. Melangkah bebas dan membiarkan diri larut dalam kecepatan juga dirasa sebagai terapi untuk menyegarkan kembali pikiran dan meredakan stres. Tak heran kalau ada lomba-lomba lari yang menyediakan 'lintasan' berlari yang begitu menawan di lokasi-lokasi wisata atau lanskap pemandangan alam yang indah.

Namun, apapun alasan Anda berlari, tetap penting untuk memastikan kemanan di sekitar lokasi Anda berlari. Nah, agar tetap nyaman dan selamat, berikut ini beberapa hal utama yang harus kita perhatikan saat berlari.

1. Kondisikan kewaspadaan pada sekitar
Saat berlari, kita bisa tenggelam dalam pikiran sendiri yang berisiko membuat kita hilang fokus pada sekitar, termasuk ketika di belokan jalan yang rawan kendaraan melaju. Begitu juga saat berlari sambil mendengarkan musik, yang meredam suara sekitar dengan dentuman irama musik yang menyemangati langkah kita. Agar tetap waspada dan terhindar dari hal-hal buruk, pastikan Anda menyetel suara musik dengan wajar dan tak kedap suara, juga upayakan untuk tetap fokus memerhatikan jalan.

Perhatikan jalan, dan hindari earphone kedap suara (Foto: 123 RF)

Baca juga: 

Tips Memilih Bluetooth Earphone Khusus Olahraga Untuk Performa Latihan yang Lebih Baik

2. Persiapkan diri sesuai kondisi cuaca
Beberapa lokasi memang sulit diperkirakan cuacanya, tapi ada baiknya Anda melakukan tindakan pencegahan. Pastikan untuk memakai topi dan membawa botol minum kecil yang diletakkan pada ikat pinggang kalau Anda berlari saat cuaca panas. Jika jalanan yang akan Anda lalui bersalju, gunakan juga sepatu lari dengan grip yang menahan langkah Anda agar tak tergelincir. Pakai juga jaket dan sarung tangan untuk berjaga-jaga agar tak kedinginan. 

Pakaian nyaman, lari aman (foto: 123RF)Baca juga: 

Tips Memilih Sepatu Olahraga Lari Untuk Pemula Dalam 4 Langkah

3. Perlengkapan lari  yang reflektif atau memantulkan cahaya
Kalau Anda biasa mulai berlari saat hari masih gelap, syarat ini bukan sekadar untuk alasan gaya atau penampilan, melainkan keamanan dan keselamatan. Pakaian dan sepatu berlari yang punya detail memantulkan cahaya (biasanya berupa strip) atau terbuat dari bahan yang menyala dalam gelap, akan membantu Anda tetap terlihat dalam kondisi minim cahaya. 


Pakaian reflektif untuk berlari saat gelap (Foto: Instagram/Asics)4. Jangan lupa bawa identitas diri
Kalau Anda berencana berlari sendirian, tinggalkan pesan dan rute yang akan Anda lalui kepada orang-orang di rumah. Bawa serta juga penanda identitas diri, baik itu ponsel Anda maupun gelang identitas dan kartu identitas tanda penduduk. Pokoknya, jangan sampai Anda meninggalkan rumah (apalagi saat berlari) tanpa membawa identitas diri!

Selalu bawa penanda identitas, apalagi kalau lari sendirian (Foto: 123 RF)

***

Nah, itu tadi empat hal utama yang harus diperhatikan agar tetap aman dan nyaman saat berlari. Selamat berlari!

Cover: 123 RF

Tag:
berlari, lari, olahraga lari
  • share line
  • share bbm
heart 2 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK