Orang Narsis Ternyata Tidak Menyukai Dirinya Sendiri

1505556015824
Article by elga_ | Contributor
  • Share
Orang Narsis Ternyata Tidak Menyukai Dirinya Sendiri

Orang narsis dikenal mencintai dirinya sendiri dan senang memandangi wajahnya di cermin. Begitu yang selama ini diketahui. Tapi, hal ini tidak sepenuhnya benar. Orang dengan kepribadian ini ternyata tidak selalu suka bercermin.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universita Graz dari Austria menemukan fakta bahwa orang narsis sebenarnya tidak suka mengangumi diri mereka sendiri saat bercermin. Mereka menjadi terlalu mencintai diri sendiri karena berusaha untuk menerima kondisi dirinya, padahal di saat bersamaan mereka merasa tertekan saat melihat bayangannya di cermin.

Baca juga: 

5 Selfie Legendaris Sebelum Era Smartphone

orang narsis justru tidak menyukai bayangannya di cermin (pinterest)

Orang dengan kepribadian narsisme sebenarnya sedang mengalami konflik dalam dirinya. Di satu sisi mereka tidak menyukai apa yang dilihatnya di cermin, dan di sisi lain justru hal inilah yang membuat mereka akhirnya membangun kepercayaan diri berlebih yang akhirnya membuat orang narsis memiliki rasa cinta yang terlalu besar terhadap dirinya sendiri.

“Kami berpikir bahwa penelitian ini dapat membantu meningkatkan kesadaran bahwa individu narsisme tidak hanya orang-orang yang ‘buruk’. Sebaliknya, narsisme lebih cenderung menjadi cara untuk mengekspresikan konflik dalam keyakinan dan perasaan yang terkait dengan diri mereka sendiri,” jelas penulis utama penelitian, Dr. Emanuel Jauk.

orang narsis ingin punya citra diri berbeda (risparmiamocelo)

Penelitian dilakukan dengan melakukan pemindaian MRI terhadap 43 peserta. Pada orang-orang dengan kepribadian narsisme, saat diperlihatkan foto diri mereka sendiri, aktivitas otak di bagian korteks cingulate anterior, yang terkait dengan pikiran negatif, mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan seorang narsisme justru memiliki citra diri yang negatif terhadap dirinya.

Meski harus melakukan banyak penelitian lanjutan mengenai hal ini, namun para peneliti menyarankan agar tidak terlalu memberikan stigma negatif terhadap orang narsisme karena nyatanya mereka mungkin justru sedang berjuang untuk menghadapi penilaian buruk kepada diri mereka sendiri.

 

  • Share
  • 0
  • Komentar ( 0 )