Merasa Cemas Berlebih? Lakukan 5 Langkah Ini Agar Lebih Tenang

1513161000298
  • share line
  • share bbm
Merasa Cemas Berlebih? Lakukan 5 Langkah Ini Agar Lebih Tenang

Pernah merasakan cemas berlebih yang membuat Anda merasa panik? Jika iya, maka lakukan lima langkah mudah berikut untuk membuat hati dan pikiran lebih tenang. Chloe Brotheridge, seorang hipnoterapis dan penulis buku The Anxiety Solution membagikan caranya untuk Anda.

1. Alihkan pikiran

“Ini mungkin bukan solusi jangka panjang, tapi mengalihkan diri sendiri dapat menekan intensitas dan membantu memecahkan pola kecemasan,” kata Chloe.

berlari bisa mengalihkan pikiran saat saat cemas (the telegraph)

Dia menyarankan, ketika pikiran mulai cemas, katakan pada diri sendiri untuk berhenti. Lalu cepat cari sesuatu yang harus dilakukan, seperti memanggil teman, berolahraga, atau melakukan sesuatu yang disukai.

Baca juga: 

4 Alasan Kenapa Anda Stres & Cemas

2. Jangan lupa bernapas

Chloe menyarankan agar Anda jangan lupa untuk bernapas secara normal, tidak terengah-engah karena tarikan napas yang terlalu pendek. Hal ini membuat Anda lebih sadar dan tenang. Tarik napas dalam hingga hitungan tujuh dan kemudian keluarkan perlahan sampai hitungan 11, lakukan selama beberapa menit atau sampai merasa lebih tenang.

lakukan teknik pernapasan yang benar agar perasaan tenang (potugalresident.com)

3. Pikiran Anda bukan fakta

Hinoterapis ini mengingatkan, semua yang ada di pikiran belum tentu hal itu benar. Menurutnya, pikiran cemas justru sering tidak masuk akal atau menyimpang. Dia memperingatkan bahwa manusia memiliki kecenderungan untuk memikirkan yang terburuk.

Baca juga: 

Ini Alasan Beberapa Orang Terlahir Dengan Perasaan Mudah Cemas

4. Tulis perasaan Anda

Buatlah tulisan ‘aliran kesadaran’ Anda saat merasa cemas. Apa maksudnya? Itu artinya biarkan pikiran mengalir dan buatlah tulisan tidak terstruktur dan tidak diedit yang mencerminkan perasaan Anda. Chole menyebut, hal ini tidak hanya membantu mengatasi rasa cemas, tapi juga memengaruhi pikiran bawah sadar dengan mendorong perasaan damai.

tulis apapun perasaan anda saat itu (wahm resource site)

5. Lihat sisi positifnya

Langkah terakhir adalah kondisikan pikiran untuk melihat sesuatu secara lebih rasional. Dengan membingkai pikiran menjadi lebih masuk akal, hal ini akan membantu Anda melihat ini bukan akhir dari dunia dan akhirnya rasa cemas secara berangsur akan hilang.

Cover: Testosterone Centers of Texas

Tag:
cemas, langkah, tenang, bernapas, alihkan, pikiran, menulis, berpikir, positif
  • share line
  • share bbm
heart 2 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK