Kuliah Sambil Kerja, Yakin Bisa?
Life Hacks

Kuliah Sambil Kerja, Yakin Bisa?

Dalam setiap sisi kehidupan manusia tentu masing-masing dari kita memiliki tanggung jawab yang berbeda. Kebanyakan dari tanggung jawab itu adalah untuk mengejar ilmu, tetapi dengan begitu banyak pengalaman dan kebutuhan secara finansial terkadang seorang pelajar terpaksa harus bekerja sambil menempuh pendidikan mereka. Nah, terkadang susah banget menyeimbangkan waktu untuk lebih fokus terhadap pendidikan. Pasti ada saja pekerjaan yang terkadang mengganggu fokus Anda.

Berusaha mencari penghasilan sendiri bukanlah suatu hal yang salah untuk anak muda, terutama sekarang banyak anak muda yang berkarya dan menghasilkan uang dengan karya-karyanya. Jadi, bagaimana cara untuk bisa menyeimbangkan kuliah dan bekerja? Yuk, simak beberapa tips ini!

Merancang jadwal
Merancang jadwal selalu buat kegiatan lebih terarah, lho. Hal terpenting sebelum memilih untuk berkuliah sambil bekerja adalah membuat jadwal sehari-hari Anda. Nah, ini penting banget karena Anda bisa tahu apakah semua tugas-tugas dari kelas masih mampu dikerjakan di jam-jam kerja? Dengan menata jadwal sehari-hari Anda, Anda pun bisa melihat hal apa aja yang bisa Anda korbankan terlebih dahulu. Kalau sudah merasa enggak sanggup, coba untuk bekerja di tempat yang lebih fleksibel.

sumber: savorthesuccess

Buat target
Kalau Anda mau bekerja sambil berkuliah, sangat penting untuk memiliki target. Baik di dalam dunia kerja atau pendidikan Anda. Jangan sampai Anda bekerja terus, tetapi perkuliahan Anda menjadi tidak terpegang. Anda bisa, lho, membuat target sendiri, sehingga Anda memiliki ukuran untuk diri Anda sendiri.

Hal sederhana seperti buatlah target IPK yang harus Anda raih. Buatlah target yang realistis, ya. Tidak semua orang bisa mendapat nilai bagus, sukses dalam pekerjaan, memiliki waktu bersama teman, dan juga memiliki waktu istirahat cukup. Sekali lagi Anda perlu tahu hal apa yang perlu Anda korbankan.

Harus jaga kesehatan
Bekerja sambil berkuliah realitanya memang tidak mudah. Namun, kalau diri Anda tidak fit, hal apapun yang Anda lakukan pasti akan sulit untuk dikerjakan. Jadi penting sekali untuk tetap memiliki waktu istirahat yang cukup di antara aktivtas-aktivitas Anda! Hal ini akan membantu Anda untuk menjalankan perkuliahan ataupun bekerja. Jadi, harus tetap ingat kondisi tubuh Anda, ya.

Ketahui prioritas Anda
Hal yang paling penting adalah Anda perlu tahu tujuan dan fondasi dari setiap pilihan. Kenapa Anda memilih bekerja sambil kuliah? Apakah Anda perlu bekerja sambil kuliah? Jangan sampai Anda malah salah prioritas dan menomorsatukan pekerjaan Anda, sedangkan perkuliahan Anda terbengkalai! Selalu ingatkan diri, kenapa Anda bekerja dan kenapa Anda berkuliah. Sebenarnya mengejar ilmu selalu lebih penting daripada mendapat pekerjaan. Ini dikarenakan kalau Anda bekerja dengan latar belakang ilmu yang tidak menentu, belum tentu juga Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang baik.

sumber: shiverreport

Nah, sekarang Anda udah tahu bagaimana Anda bisa menyeimbangkan antara pekerjaan dan kuliah? Ternyata hal yang terpenting adalah mengetahui terlebih dahulu kalau pendikan dan pekerjaan Anda perlu seimbang. Jadi, jangan terlalu mendorong diri untuk melakukan hal yang Anda sendiri tidak mampu, ya. Hasilnya Anda bisa menumpuk stres dan akhirnya semua aktivitas Anda jadi terbengkalai.
 

  • 0
  • Komentar ( 0 )