Kapan Perlu Ganti Perlengkapan Rumah Tangga?

1484305201023
  • Share
Kapan Perlu Ganti Perlengkapan Rumah Tangga?

Lebih mudah untuk membuang makanan yang sudah tertera tanggal kedaluwarsanya ketimbang membuang perlengkapan rumah tangga yang tak ada tanggal kedaluwarsanya. Padahal, perlengkapan rumah tangga juga ada masa pakai yang perlu diketahui.

Talenan, sikat toilet, spons cuci piring, bantal, dan perlengkapan rumah tangga lain menyimpan masalah bila tidak diganti sesuai kepatutannya. Berikut saran waktu lama pakai produk perlengkapan rumah tangga seperti dikutip dari DailyMail:

Bantal: Setiap 2-3 tahun

"Ketika ketebalan bantal sudah berkurang dan mulai lemas, berubah warna dan bentuk, maka sebaiknya segera diganti," kata Lisa Artis, dari Sleep Council.

Silet cukur: Setiap tiga hari

Jika terlalu lama dipakai, silet cukur bisa berkarat dan membahayakan. Selain itu silet cukur juga bisa menjadi lokasi berkembangnya bakteri.

Talenan: Setiap 12 bulan

Alat ini, terutama yang terbuat dari bahan kayu, berpotensi menjadi lokasi berkembangbiaknya bakteri. Noda dan goresan pisau dalam yang sudah berwarna berbeda juga menjadi tanda untuk saatnya beli baru.

Spons: Setiap minggu

Usai dipakai, spons dan kain lembap yang dibiarkan akan mengalami perkembangan bakteri yang sangat cepat.

Sendok kayu/sutil: Setiap lima tahun

Kayu jauh lebih berpori ketimbang plastik atau bahan logam. Karenanya, sangat mudah menjadi sarang bakteri. Disarankan untuk menggantinya setiap lima tahun, atau setiap ada bagian yang retak/patah, atau berubah warna (karena ini berarti kayunya mulai busuk atau kotoran mulai mengendap).

Sikat toilet: Setiap enam bulan

Benda ini bertugas membersihkan kotoran yang penuh bakteri di area lembap, yang pada akhirnya akan menjadi lokasi kembang biak bakteri lagi.

Sisir: Setiap 4 tahun

Satu folikel rambut bisa menjadi tempat mengendapnya 50 ribu kuman, dan sisir bisa jadi membuatnya bertambah. Karenanya, saling pinjam sisir bisa jadi sarana penularan penyakit kulit.

 

Tag:
alat, masak, talenan, sendok, kayu, perlengkapan, sutil, kebersihan, higienitas
  • Share
4 People liked this
LIKE
BOOKMARK