Ini 4 Aturan Wajib Ketika Mengunjungi Pameran Seni

1531548022080
  • share line
  • share bbm
Ini 4 Aturan Wajib Ketika Mengunjungi Pameran Seni

Boleh dibilang, saat ini pameran seni mulai diminati banyak orang, termasuk anak muda. Sayangnya, fenomena pergi ke pameran seni hanya dijadikan sebagai ajang ‘pamer’ dan supaya dianggap keren ketika mengunggah foto selfie di galeri atau pameran seni.

Baca juga: 

Datang ke Galeri atau Pameran Seni, Mengapa Pengunjung Dilarang Memotret Karya?

Padahal, pergi ke pameran seni juga punya aturan yang harus dilakukan. Saat dijumpai dalam acara konferensi pers Art Jakarta 2018 pada hari Kamis (12/07/2018), Dedy Koswara, Deputy Head of Committee Jakarta mengatakan, “Kalau pergi ke pameran seni, lebih baik nikmati saja. Enjoy the event and respect the arts!”. Lalu, bagaimana cara menikmati pameran seni? Dedy punya beberapa tips untuk Anda. 

1. Ikuti aturan dari setiap pameran seni
Biasanya, aturan yang paling sering diberikan adalah memerhatikan garis pembatas dan tidak menyentuh karya seni. “Kalau kita bisa menghargai seni, pasti kita bisa menahan diri untuk tidak menyentuh dan menghargai karya tersebut," ujar Dedy.

2. Tidak membawa tas besar
Untuk menghindari barang seni terjatuh atau tergores, lebih baik tidak membawa tas besar. Sebaiknya titipkan segala barang bawaan yang bisa mengganggu, seperti tas belanjaan, tas ransel besar, dan barang besar lainnya. 

3. Hargai pengunjung yang sedang menikmati seni
Bila Anda ‘selfie’ tentu akan menganggu para pengunjung lain yang memang sedang menikmati seni. Jadi, bila memang ingin mengambil foto, sebaiknya melihat keadaan, dan usahakan tidak mengganggu yang lain. Selain itu, paling penting menghindari memakai lampu flash, karena bisa merusak karya seni tersebut.

4. Menjaga anak-anak yang kita ajak
Nah, kalau Anda ingin mengajak anak-anak Anda, apalagi yang masih kecil, Anda perlu mengawasinya. Jangan sampai mereka lari-lari sehingga bisa merusak pameran seni yang sedang berlangsung. Anda bisa mengajak mereka mengenal karya seni tersebut dengan memberikan pertanyaan dan mendengar imajinasi mereka tentang karya seni yang dilihatnya.

****

Tidak sulit, bukan, mematuhi peraturan di atas? Yuk, ikut belajar menikmati karya seni yang ada. 

Sumber image: 123rf

Tag:
pameran seni, aturan
  • share line
  • share bbm
heart 2 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK