Bibir Lembut dengan Lip Balm Buatan Sendiri
Life Hacks

Bibir Lembut dengan Lip Balm Buatan Sendiri

Khasiat petroleum jelly telah terbukti mampu melembutkan kulit dan mengatasi kulit pecah-pecah. Beberapa produk perawatan kulit berbahan utama petroleum jelly bahkan menjadi must have item bagi yang gemar bepergian ke negara beriklim panas, seperti juga para calon jemaah haji dan umroh yang akan berkunjung ke tanah suci. Gel petroleum jelly sangat disarankan untuk digunakan di negara beriklim panas terik untuk mencegah kulit kering dan pecah-pecah. Tidak hanya baik bagi kulit tubuh, manfaat hasil olahan minyak bumi ini juga dapat dirasakan di kulit bibir.

Selain langsung dioleskan di bibir, Anda juga dapat mengolah petroleum jelly menjadi lip balm buatan sendiri dalam beberapa langkah praktis. Agar hasilnya lebih maksimal, pilih petroleum jelly berjenis original, yang tidak memiliki campuran warna, rasa, dan aroma.


Vaseline, salah satu merek petroleum jelly paling legendaris (Sumber: I Love Keisha)

Bahan-bahan:
2 sendok makan petroleum jelly
1/4 sendok teh minyak kelapa
Minyak esensial secukupnya (bila perlu)
Cokelat bubuk secukupnya (bila perlu)

Cara membuat:
1. Masukkan 2 sendok makan (30 gram) petroleum jelly ke dalam mangkuk tahan panas.
2. Lelehkan petroleum jelly di dalam microwave selama 30 detik. Aduk perlahan, lalu panaskan lagi selama 30 detik. Ulangi sampai petroleum jelly menjadi cair, bening, dan tidak menggumpal. Dibutuhkan waktu kurang lebih 4 menit hingga memperoleh hasil yang diinginkan.
3. Teteskan 1/4 sendok teh minyak kelapa untuk kelembaban lebih maksimal. Minyak kelapa juga membuat racikan lip balm terasa lebih harum.
4. Agar semakin harum, Anda juga dapat menambahkan minyak esensial atau cokelat bubuk. Tapi jika Anda ingin lip balm yang lebih polos, tahapan ini tidak diperlukan.

Jika ingin lebih berwarna, bisa juga tambahkan mica powder atau eye shadow bubuk (Sumber: Thriftanista in the City)

5. Setiap kali menambahkan bahan lain (minyak kelapa, minyak esensial, atau cokelat bubuk), aduk racikan bahan sampai benar-benar tercampur rata dengan petroleum jelly.
6. Masukkan ke dalam wadah. Anda dapat menggunakan wadah bekas permen atau jar mungil.
7. Simpan lip balm di atas permukaan rata dengan wadah terbuka, lalu diamkan sampai mengeras. Diperlukan waktu 1-2 jam untuk membuat lip balm mengeras di suhu ruangan. Jika Anda sudah tidak sabar ingin mencobanya, masukkan ke dalam freezer dan bekukan selama 10-15 menit.

Tempat lensa kontak juga bisa dijadikan wadah lip balm. Jangan lupa dicuci dulu sampai bersih, ya! (Sumber: Sophie Uliano)

 

Cover: Huffington Post

  • 0
  • Komentar ( 0 )