7 Tips Siasati Pekerjaan Rumah Saat ART Mudik
Life Hacks

7 Tips Siasati Pekerjaan Rumah Saat ART Mudik

'Mimpi buruk' para wanita dan ibu rumah tangga adalah saat Asisten Rumah Tangga (ART) mudik. Kepergian mereka membuat Anda harus turun tangan sendiri mengerjakan pekerjaan rumah. Jangan takut, berikut ada 7 cara mudah untuk menyiasati pekerjaan rumah tanpa repot dan capek saat ART mudik nanti.

1. Membagi pekerjaan
Tidak mungkin semua pekerjaan rumah Anda kerjakan sendiri. Kumpulkan seluruh anggota keluarga dan mulailah berembuk untuk menentukan pembagian tugas. Siapa yang akan mencuci piring, memasak, atau membersihkan rumah. Anda juga bisa bergantian mengerjakannya, lho, supaya tidak bosan.

Sumber: Tumblr

2. Membuat jadwal harian
Pembagian pekerjaan sudah, sekarang saatnya membuat jadwal. Misalnya, sarapan sudah harus siap jam 7, maka yang bertugas harus bangun lebih pagi. Tambahkan hukuman untuk yang tidak melaksanakan tugasnya sesuai jadwal agar semakin terpicu semangatnya untuk membersihkan rumah. 

3. Kerjakan pagi
Di pagi hari energi tubuh masih sangat maksimal. Bangun pagi untuk mulai mengerjakan tugas Anda agar cepat selesai dan Anda bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.

Sumber: Giphy

4. Libatkan anak
Meski masih kecil dan belum bisa membantu banyak, tetapi melibatkan anak dalam pekerjaan rumah juga melatih dia agar disiplin dan mandiri. Tapi berikan dia tugas yang mudah saja, ya, dan juga disesuaikan dengan usia anak. Contoh tugasnya seperti menyiram tanaman, menyusun sepatu dan sandal, atau mengambilkan aneka barang. Kalau tugasnya terlalu berat, bukannya membantu, tangisan anak justru menambah pekerjaan Anda. Agar semakin bersemangat, Anda bisa memberikan hadiah jika anak berhasil melaksanakan tugasnya.

Sumber: This Momon Life

5. Manajeman pakaian
Sebaiknya gunakan pakaian yang tidak mudah kusut atau kotor. Sehingga setelah dicuci Anda dapat menghemat tahapan, seperti menggosok pakaian. Juga jangan terlalu sering gonta-ganti pakaian. Jika baru dipakai sebentar, gantungkan baju dan gunakan lagi nanti. Itu akan membantu mengurangi jumlah cucian Anda.

6. Langsung cuci piring
Meskipun ada yang bertugas mencuci piring, tapi sebaiknya biasakan mencuci sendiri peralatan bekas Anda makan. Biasakan juga memakai satu gelas untuk minum dan tidak gonta-ganti.

Sumber: Giphy

7. Panggil jasa layanan
Cara ini memang paling mudah. Anda bisa memanggil jasa pembantu infal selama ART mudik atau menggunakan jasa pembersih rumah per jam. Ini adalah cara tercepat dan terbaik untuk menghadapi masalah ART mudik, tapi juga mengharuskan Anda merogoh kantung untuk membayar layanan jasa yang diberikan.

Jadi, Anda sudah siap jika ART mudik nanti? 

 

  •   0
  •   Komentar ( 0 )