5 Langkah Menyelesaikan Masalah
Life Hacks

5 Langkah Menyelesaikan Masalah

Bicara soal masalah, setiap orang pasti pernah mengalami masalah di hidupnya. Hanya mungkin yang membedakan itu kadar masalah dari masing-masing orang. Ada yang masalahnya hanya hal sepele, tapi ada juga orang yang punya masalah agak berat. Tapi, namanya hidup pasti selalu ada masalah bukan?

Untuk sebagian orang, kadang ada masalah yang terlalu berat dan membuat mereka seakan-akan ingin lari dari masalah itu. Padahal ketika ingin lari dan meninggalkan semuanya, masalah itu akan tetap membayangi Anda. Kali ini psikolog Alexandra Gabriella akan mengajarkan Anda 5 langkah mudah dalam menyelesaikan sebuah masalah.

1. Beri jarak
Beri jarak dengan masalah yang sedang Anda hadapi. Tujuannya, sih, agar Anda bisa membatasi diri dengan berbagai masalah yang ada. Setidaknya juga Anda enggak terlalu terpengaruh dengan emosi yang sedang dirasakan. Jangan sampai Anda jadi terikat dan kepikiran terus dengan yang masalah-masalah itu.

2. Brainstorming
Setelah tahu akar dari masalahnya, Anda bisa melakukan brainstorming. Carilah solusi apa saja yang bisa Anda lakukan untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. Oh iya, ketika mencari solusi, Anda perlu pertimbangkan solusi itu juga, ya. Tujuannya agar solusi itu benar-benar dirasa sangat cocok untuk dilakukan.  

sumber: the muse

3. Visualisasikan
Setelah tahu solusi dan langkah-langkah yang akan Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah, sebaiknya Anda memvisualisasikan itu semua terlebih dahulu. Visualisasikan semuanya ya, seolah-olah Anda sudah ingin berhadapan dan menyelesaikan masalah itu.

4. Turunkan harapan
Menurunkan harapan Anda itu perlu. Jjangan terlalu yakin dulu akan solusi atau jalan keluar yang sudah Anda rancang sebelumnya. Gagal itu sudah pasti ada. Semua solusi yang sudah Anda temukan untuk menyelesaikan masalah belum tentu berhasil.

5. Buat rencana cadangan
Rencana cadangan atau backup plan dibuat agar Anda bisa lebih tenang menghadapi permasalahan yang ada. Ini juga bisa membuat diri Anda tidak terlalu tegang. Rileks saja, karena semua masalah pasti akan ada jalan keluarnya. Oh iya, terkadang untuk menemukan sebuah jalan keluar terbaik Anda perlu beberapa solusi. Ketika solusi yang sudah Anda lakukan itu enggak berhasil, Anda masih punya rencana berikutnya.

sumber: psychestudy
 

  • 0
  • Komentar ( 0 )