5 Cara Unik Yang Bisa Dicoba Untuk Membuat Anda Lebih Kreatif

1495173626491
  • Share
5 Cara Unik Yang Bisa Dicoba Untuk Membuat Anda Lebih Kreatif

Di era teknologi yang semakin canggih, menjadi kreatif adalah hal yang membuat manusia berbeda dengan mesin dan robot. Namun meningkatkan kreativitas tidak mudah. Beberapa orang harus memeras otak sedemikian rupa, untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif dan berbeda dari orang lain. Namun seperti dilansir dari Psychology Today, ada beberapa cara unik yang bisa dicoba untuk memaksimalkan kreativitas Anda.

Mengunjungi coffee shop
Ada banyak alasan mengapa coffee shop menjadi tren yang mewabah di seluruh dunia. Tak hanya populer di kalangan pencinta kopi, coffee shop juga memberikan atmosfer yang menunjang bagi sisi kreatif seseorang. Berdasarkan penelitian University of Illinois, seseorang bisa menemukan ide baru jika berada di ruangan dengan tingkat suara sebesar 70 desibel atau setara dengan suara yang ditemukan di berbagai coffee shop. Hm, mungkin juga ini alasan utama mengapa Starbucks selalu dipenuhi banyak orang, ya.

sumber: coffeeshopcoder

Meminum alkohol
Dari penelitian yang sama di University of Illinois ditemukan fakta bahwa meminum alkohol dapat membuat otak lebih kreatif. Para responden dalam penelitian ini dibagi dalam dua kelompok yakni yang meminum alkohol dan tidak meminum alkohol. Keduanya kemudian diberikan masalah yang harus dipecahkan dalam waktu singkat. Ternyata responden yang sebelumnya sudah meminum vodka cranberry dapat menyelesaikan masalah dengan lebih cepat. Namun hati-hati dalam mengonsumsi takaran alkohol, karena penelitian ini juga menyatakan bahwa konsumsi alkohol berlebihan justru menghambat otak memproses masalah. 

Let's drink! (sumber: prevention)

Warna biru
Apa kaitannya warna dengan cara kerja otak? Ternyata kaitannya sangat erat. Menurut studi University of British Columbia, warna biru dapat membuat otak lebih kreatif. Penelitian yang dilakukan kepada 600 responden ini menunjukkan, mereka yang diberikan laptop dengan wallpaper berwarna biru dapat menghasilkan ide lebih banyak, dibandingkan mereka dengan wallpaper berwarna merah dan putih.

sumber: pinterest

Bergaul dengan banyak orang
Jangan pilih-pilih teman. Nasihat ini sering Anda dengar dari orang tua saat masih kecil. Ternyata nasihat ini sangat berguna bagi Anda. Dari survei yang dilakukan Stanford Business School dijelaskan bahwa, mereka yang hang out dengan orang-orang yang berbeda latar belakang mempunyai kemampuan problem solving yang tinggi. Mereka juga sangat terbuka akan berbagai macam informasi, yang dapat digunakan untuk menghasilkan ide baru.

sumber: odysseyonline

Berlibur
Berdasarkan penelitian yang dimuat di Scientific American, para mahasiswa yang menimba ilmu di negeri lain mempunyai otak yang lebih kreatif. Banyak ahli yang berpendapat bahwa lingkungan yang baru membuat Anda dapat berpikir lebih luas dan kreatif. Lain kali saat menemukan masalah, ada baiknya mengambil waktu break sebentar dan berlibur ke tempat yang benar-benar baru bagi Anda. 

Berlibur akan membuka wawasan (sumber: zarubejom)

 

Tag:
kreatif
  • Share
4 People liked this
LIKE
BOOKMARK