3 Pestisida Alami Untuk Kebun Anda

1484276920101
  • Share
3 Pestisida Alami Untuk Kebun Anda

Hama pada tanaman sering kali membuat kesal. Selain merusak keindahan daun, hama seperti semut, kutu aphid, ulat, dan sebagainya tak jarang membuat tanaman mati perlahan. Jika Anda menanam sendiri tanaman obat dan sayuran di rumah, Anda bisa mulai membuat pestisida alami ini untuk usir hama yang mengganggu:

Daun pepaya

Caranya: Tumbuk satu kilo daun pepaya lalu campur dengan satu liter air. Diamkan selama 1 jam. Tambahkan lagi empat liter air dan empat sendok makan sabun, aduk rata. Tempatkan dalam botol penyemprot. Cairan ini bisa digunakan untuk membasmi kutu aphid yang biasa menyerang tanaman cabai, kumbang, and ulat.

Bawang putih dan cabai

Caranya: Kupas tiga siung bawang putih dan lima buah cabai, rebus hingga mendidih. Tambahkan tiga sendok makan sabun cuci piring, aduk dan diamkan selama satu malam. Simpan dalam botol penyemprot. Cairan ini bisa digunakan untuk membasmi ngengat, cacing, dan ulat bulu.

Jahe

Caranya: Tumbuk lima buah jahe dan masukkan ke dalam sebuah ember berukuran dua liter. Diamkan selama 1 hari. Simpan dalam botol penyemprotan dan gunakan untuk menghambat pertumbuhan larva cacing dan ulat pada tanaman.

Penting untuk diperhatikan:

  • Amati perkembangan hama, jika benar-benar merusak tanaman, baru gunakan pestisida ini untuk mencegah dan membunuh hama tersebut. Jika hama hanya satu dan tidak terlalu merusak tanaman, sebaiknya tidak perlu menyemprotkan pestisida.
  • Hentikan penggunaan pestisida satu bulan menjelang tanaman panen untuk mencegah hasil panen terkontaminasi.
  • Buat beberapa pestisida alami dari bahan yang berbeda dan gunakan secara bergantian untuk mencegah hama menjadi kebal terhadap satu jenis pestisida.

Selamat mencoba.

 

Tag:
pestisida, menanam, sayuran, tanam, tanaman, lifehack
  • Share
5 People liked this
LIKE
BOOKMARK