Kondisi Rambut Dan Hubungannya Dengan Kesehatan
Jurnal Jemma

Kondisi Rambut Dan Hubungannya Dengan Kesehatan

Sahabat Jemma,
Baru-baru ini Jemma baru sadar bahwa kondisi tertentu yang terjadi pada rambut dapat memberitahu tentang keadaan kesehatan yang Jemma alami. Jemma kaget karena selama ini selalu memberikan perlakukan istimewa untuk rambut. Bukan hanya mencuci rambut secara rutin, creambath hingga masker rambut juga sering Jemma lakukan. 

Sayangnya perhatian Jemma pada rambut hanya terletak pada permukaan, karena yang biasa dikhawatirkan adalah bagaimana cara styling yang sesuai dengan wajah atau cat rambut warna apa yang sedang menjadi tren, dan sebagainya. Menurut Gideon Koren, peneliti dari University of Western Ontario, kondisi rambut dapat menunjukkan tingkat stres, kandungan kolesterol dalam tubuh, hingga kemungkinan penyakit berat yang menimpa pemiliknya. Yuk, cek kondisi rambut Anda dan hubungannya dengan kesehatan.

Rambut rontok secara berlebihan
Banyak penyebab akan kerontokan rambut terutama disebabkan oleh stres. Kemungkinan kerja hingga larut malam atau baru putus dari pasangan juga dapat menyebabkan stres yang mengakibatkan kondisi tubuh dan pikiran kacau sehingga menganggu metabolisme rambut. Tak hanya stres, perubahan hormon saat sedang haid dan mengandung juga menjadi penyebab rambut rontok. Maka dari itu, Anda sering mendengar bahwa ibu mengandung sering mengalami keluhan tersebut. 

Solusi: Untuk mencegah kerontokan, Anda dapat mengonsumsi vitamin D yang berguna menguatkan akar rambut. Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti ayam, telur, dan kacang-kacangan juga dapat mengurangi kerontokan. 

sumber: prevention

Kulit kepala berketombe
Siapa pun pasti tidak ingin mempunyai rambut yang berketombe. Tapi jika Anda termasuk diantaranya, jangan khawatir dulu. Ketombe berwarna putih yang halus dan tak berbau bisa diatasi dengan shampoo anti ketombe serta menjaga rambut tetap bersih supaya ketombe tidak hadir kembali. Namun saat ketombe sudah berubah menjadi berwarna kuning, berminyak, dan berbau tak sedap… mungkin itu adalah tanda-tanda psosiaris. Penyebabnya adalah jamur yang dapat menyerang kulit saat kondisi tubuh sedang menurun. 

Solusi: Saat shampoo anti ketombe sudah tak manjur lagi, segera konsultasi pada ahli dermatologis. Jika ketombe disebabkan oleh jamur atau bakteri, maka diperlukan penanganan dan obat-obatan tertentu. 

Duh, ketombe (sumber: pinterest)

Rambut kering dan mudah patah
Kaget melihat potongan rambut menempel pada bantal saat bangun di pagi hari? Rambut patah berbeda dari kerontokan rambut karena rambut yang lepas tidak berawal dari akar rambut. Rambut kering dan ujung bercabang juga biasanya merupakan tanda-tanda menuju kondisi tersebut. Hal seperti ini menandakan tingginya tekanan darah pada seseorang hingga level obesitasnya. Saat tekanan darah pada tubuh tinggi, maka tingkat kalsium akan turun sehingga menyebabkan rambut menjadi kering dan mudah patah. 

Solusi: Sebagai pengobatan dari luar, sahabat Jemma dapat menggunakan hair oil khusus yang mengembalikan kelembapan rambut. Sementara dari dalam, usahakan konsumsi makanan kaya omega-3 seperti minyak ikan dan kacang.  

sumber: stylecaster

IR

 

  •   0
  •   Komentar ( 1 )