Tren Kopi dengan Bubuk Protein, Jadi Sehat Atau Malah Tak Bermanfaat?
19 May 2019
Kopi pakai protein powder, apa manfaatnya?

Banyak bahan tambahan yang bisa diberikan ke kopi agar semakin nikmat, mulai dari susu, almond mylk, santan, gula merah, ekstrak vanila, butter, dan lain-lain. Namun, kini ada satu bahan yang sedang jadi tren, yaitu kopi dengan protein powder atau bubuk protein.

Seperti dilaporkan Delish, kegemaran menambahkan bubuk protein ke gelas kopi konon dimulai dari para selebriti atau pesohor, seperti Kylie Jenner yang memberikan bubuk protein berbasis santan bagi kopi paginya atau influencer fitness Amanda Kloots yang sering menambahkan protein dari beragam sumber (whey, kolagen, atau kedelai). Kopi protein ini mungkin populer, tetapi benarkah bermanfaat?



LesLee K. Funderburk, Ph.D., R.D., dari departemen family and consumer sciences Baylor University, AS, mengatakan, meski sumber protein terbaik tetaplah makanan seperti telur, daging, atau susu, menambahkan bubuk protein ke kopi bisa menjadi cara yang baik untuk meningkatkan asupan protein jika menu makan Anda sehari-hari masih kurang itu.

(Sumber: indiamart)Namun, menurut ahli gizi Kristin Kirkpatrick, M.S., RDN, kebanyakan orang sudah mendapat asupan protein yang cukup dari pola makan hariannya. Pakar gizi Ashley Lytwyn M.S., RDN, LDN, juga sependapat. Menurutnya, kebanyakan perempuan Amerika malah mengonsumsi protein lebih tinggi daripada yang dibutuhkan. “Kita ini seperti terobsesi menambahkan bubuk protein ke berbagai makanan, dan kopi kini jadi bagian dari tren ini. Biarkanlah kopi menjadi kopi: minuman panas atau dingin yang berkafein.”



Intinya, kalau Anda merasa kurang makan protein, tak ada salahnya menambahkan bubuk protein pada kopi. Namun, kalau Anda sering makan daging atau sumber protein lain, misalnya, let coffee be what it is.

Cover: reflex

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail