Selain Karena Makanan, Sederet Kebiasaan Ini Juga Bisa Bikin Sistem Imun Jadi Lemah
08 July 2021
Sistem imun tubuh yang lemah bikin kita mudah terinfeksi virus. Tinggalkan sederet kebiasaan ini agar kekebalan tubuh kita tetap kuat, ya!

Kalau Anda sering sakit atau terinfeksi penyakit akibat virus seperti flu, bisa jadi sistem imun tubuh Anda sedang melemah, sehingga penyakit mudah masuk dan menginfeksi tubuh kita. Nah, mengutip Insider, seorang dokter ahli penyakit dalam Louis Malinow, MD, mengatakan bahwa selain makanan ada beberapa hal lain yang menyebabkan sistem imun badan kita menurun. Yuk, simak apa saja penyebabnya berikut ini!

1. Usia
Penuaan membuat sistem imun kita juga mengalami penurunan, sehingga lebih rentan terinfeksi virus penyakit. Meski ini faktor utama, Malinow mengatakan ini bukan faktor dominan. Sistem imum orang yang lebih muda juga bisa menurun karena berbagai hal lain.

2. Kurang tidur
Kualitas tidur ternyata memainkan peran penting dalam memperkuat sistem imun tubuh kita. Katanya, "Tidur yang kurang itu penyebab paling umum kekebalan tubuh yang melemah. Bahkan kurang tidur dalam semalam saja berpengaruh ke menurunnya sistem imun badan kita."

3. Tidak berjemur
Sinar matahari pagi membantu tubuh kita menghasilkan Vitamin D, yang baik untuk tulang, sel-sel darah, dan sistem imun tubuh. Usahakan untuk berjemur di pagi hari, ya, minimal 15 menit setiap hari, agar sistem imun kita menguat dan mampu melawan infeksi virus.

4. Tak pernah olahraga
Latihan fisik atau olahraga buat sebagian orang memang belum menjadi kebiasaan. Wah, padahal olahraga itu membantu sel-sel kekebalan tubuh kita beraksi lebih efektif, lho. Ini karena olahraga meningkatkan aliran darah, mengurangi stres dan peradangan, serta menguatkan antibodi tubuh kita. 

5. Kurang refreshing
Stres yang menumpuk juga bisa melemahkan kekebalan tubuh kita. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menyegarkan pikiran lewat aktivitas yang menyenangkan dan menenangkan. Anda bisa mandi berendam dengan wewangian, nonton film yang menghibur di rumah, atau menghubungi teman-teman secara virtual.

6. Banyak terpapar kabar buruk
Selama pandemi ini, banyak kabar buruk yang menghampiri kita. Saring lagi konsumsi media Anda sehari-hari, baik media sosial maupun televisi, agar tidak terbawa stres karena banyaknya paparan berita buruk yang sampai ke Anda. Selingi dengan kegiatan rekreasi di rumah, serta hiburan seperti mendengarkan musik atau nonton film.

Nah, sudah tahu, kan, apa saja kebiasaan yang bisa bikin sistem kekebalan tubuh kita melemah. Yuk, jalani hidup sehat dan jangan lupa refreshing biar nggak stres!

Cover: Pexels

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail