Rajin Makan Kembang Kecombrang Bisa Beri 7 Manfaat Ini untuk Kesehatan Tubuh
22 October 2018
Kecombrang atau kembang kecombrang termasuk dalam jajaran tanaman yang banyak dijadikan sebagai asupan makanan sehat.

Anda pasti sering dengar nama tanaman kecombrang, kan? Ya, kecombrang atau kembang kecombrang termasuk dalam jajaran tanaman yang banyak dijadikan sebagai asupan makanan sehat. Kecombrang yang juga banyak di sebut kantang atau honje ini bentuknya unik, mempunyai bunga, buah, dan juga biji yang semuanya bisa dikonsumsi. Oh iya, batangnya bahkan juga bisa dimakan, lho.


Baca juga: 

5 Manfaat Sehat Makan Buah Bit Untuk Ibu Hamil


Kecombrang banyak digunakan dalam berbagai jenis masakan, seperti bumbu ayam goreng, tumisan, makanan berkuah, urap, campuran gulai, dan yang paling terkenal adalah sambal. Mengonsumsi tanaman yang biasanya memiliki tinggi sampai 5 meter ini tujuannya tidak hanya untuk mengenyangkan perut, tetapi sebagai obat. Sebab kecombrang kaya akan kandungan gizi dan dapat membantu tubuh jadi lebih sehat. Kandungan kecombrang antara lain adalah air, fosfor, karbohidrat, kalsium, kalium, protein, lemak, seng, dan zat besi. 

Sumber: ResepKoki

Jadi, tidak aneh, kan, kalau tanaman ini punya banyak sekali manfaat? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa tubuh dapatkan jika Anda sering konsumsi kecombrang.

1. Batang kecombrang bisa sembuhkan batuk. Caranya dengan membakar atau memanggang batang kecobrang yang sudah tua, kemudian dikupas kulit luarnya, ditumbuk halus, lalu diperas airnya untuk diminum. Sebelum diminum, campurkan dulu air perasa batang kecombrang dengan air putih dan gula batu.

2. Memperkuat sel-sel tubuh karena kaya antioksidan. Kecombrang punya kandungan antioksidan yang kuat sehingga baik untuk menangkal kerusakan sel dalam tubuh, memperlambat pertumbuhan sel kanker, dan pertumbuhan berbagai bakteri.

Sumber: Momentumpedia

3. Bantu membersihkan dan memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. 

4. Sebagai penyedap rasa masakan yang alami. Itu karena kecombrang memiliki aroma yang kuat dan segar sehingga membuat aneka masakah sedang di hidung dan di mulut.

5. Mengatasi aneka masalah kulit seperti campak, cacar, dan penyakit kulit lainnya yang di sebabkan oleh virus, bakteri, atau kekurangan vitamin.

6. Membantu menghilangkan bau badan. Di dalam kecombrang terdapat kandungan zat aktif seperti flavonida, saponin, dan polifenolnya yang efektif hilangkan bau tak sedap pada tubuh Anda.

Sumber: Instagram/neng_dez

7. Untuk para wanita, konsumsi kecombrang juga bisa bantu mengurangi rasa mual saat hamil dan rasa sakit atau kram ketika sedang menstruasi.

Melihat banyaknya manfaat kecombrang untuk kesehatan di atas, sepertinya Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi tanaman yang satu ini.

Cover: Wikimedia

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail