Pendapat Ahli Tentang Jenis Olahraga yang Paling Banyak Bakar Kalori
11 June 2019
Pendapat para ahli mengenai jenis olahraga yang paling banyak membakar kalori.

Tujuan Anda olahraga seharusnya adalah untuk kesehatan dan itu bisa dicapai dengan jenis olahraga apa pun. Namun, jika Anda melakukannya untuk menurunkan atau menjaga berat badan, maka ada jenis olahraga tertentu yang membakar kalori lebih banyak dibandingkan yang lainnya. Pertanyaan pentingnya: jenis olahraga yang mana?

Ilmuwan olahraga telah mempelajari dengan saksama jumlah energi yang dikeluarkan orang dalam berbagai jenis latihan. Dr. Tim Church, seorang peneliti olahraga dan profesor preventative medicine, mengatakan bahwa semakin banyak otot yang digunakan, serta semakin keras dan lama Anda mendorong otot-otot itu, maka semakin banyak energi yang akan dihasilkan oleh tubuh.

“Anda harus melakukan olahraga yang menggunakan kelompok otot tubuh bagian bawah dan atas, yang dilakukan dengan intensitas tinggi, seperti CrossFit atau Tabata-style. Menurut peneltian, kedua latihan tersebut bisa membakar rata-rata 260-280 kalori selama 20 menit,” katanya.

Namun, seorang profesor ilmu latihan dan olahraga di University of Wisconsin, Prof. John Porcari, punya pendapat berbeda. Menurutnya, total waktu yang dihabiskan untuk berolahraga dan kesediaan orang untuk tetap melakukannya, juga merupakan faktor penting. Jadi, jika Anda sangat kekurangan waktu, latihan interval intensitas tinggi (HIIT) bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

Pernah mencoba HIIT dan Anda tidak menyukainya? Prof. John bilang, olahraga yang kuat dan tetap nyaman dilakukan dalam jangka waktu yang lama adalah berlari. Menurut data dari American Council on Exercise, orang dengan berat 52 kg dan berlari selama 30 menit dengan kecepatan lambat hingga sedang, akan membakar sekitar 260 kalori. Angka tersebut sama seperti melakukan CrossFit selama 20 menit.

Dengan penjelasan tersebut, apakah Anda masih bingung harus melakukan olahraga yang mana? Well, saran terbaik Dr. Tim adalah lakukan apa pun yang Anda suka karena olahraga yang paling keras sekali pun, tetapi jika tidak dilakukan secara teratur, maka hasilnya tidak akan pernah maksimal.

Cover: myfrugalfitness.com

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail