Monk Fruit, Buah Manis yang Bisa Dijadikan Alternatif Pengganti Gula
08 February 2019
Like we all know, gula ...

Like we all know, gula yang berasal dari tebu, jika dikonsumsi berlebihan akan memiliki efek buruk bagi tubuh. Stevia, pengganti gula populer yang berasal dari tanaman dengan nama yang sama, juga sudah banyak digunakan. Namun, pernahkah Anda mendengar pemanis dari monk fruit?

Monk fruit atau buah monk atau buah biksu atau luo han guo adalah buah yang bentuknya seperti melon, tumbuh di pohon anggur, dan berasal dari Cina dan Thailand. Mengandung nol kalori, Food and Drug Administration (FDA) menyatakan bahwa pemanis dari buah monk tidak meningkatkan kadar gula darah seperti halnya gula biasa, yang membuatnya menjadi alternatif bagus bagi penderita diabetes.

(Sumber: Superfoodly.com)

Menurut FDA, ekstrak buah monk dapat terasa hingga 250 kali lebih manis daripada gula tebu, berkat senyawa kimia yang disebut mogrosida, yang memberikan rasa manis khas pada buah itu. Menurut Frances Largeman-Roth, RDN, pakar nutrisi di New York City dan penulis Eating in Color, pemanis dari buah tersebut dibuat dengan diolah menjadi jus terlebih dahulu dan diproses menjadi bentuk kristal.



Lalu, apakah itu artinya pemanis dari buah monk benar-benar lebih baik daripada gula biasa? Tidak juga jika sudah dikombinasikan dengan bahan lain, yang berarti pemanis tersebut sudah tidak lagi bebas kalori. Pemanis dari buah monk sayangnya sering dikombinasikan dengan pemanis buatan—seperti erythritol, yang justru dapat menyebabkan masalah pencernaan.

(Sumber: Superfood Evolution)

Jadi, jika Anda ingin mencoba pemanis dari buah monk—yang sudah banyak dijual di toko online di Indonesia, sebaiknya perhatikan bahan-bahannya agar Anda tidak tertipu dengan iming-iming ‘nol kalori’. Frances juga mengingatkan agar menggunakan pemanis tersebut sedikit saja karena rasanya jauh lebih manis daripada gula.

Cover: Julian Bakery

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail