Menurut Penelitian, Ini Alasan yang Sebenarnya Kopi Membuat Anda Buang Air Besar
07 June 2019
Sering bertanya-tanya mengapa Anda terdorong untuk buang air besar setelah minum kopi? Ini jawabannya.

Sering bertanya-tanya mengapa Anda terdorong untuk buang air besar setelah minum kopi? Sebuah studi baru yang dipresentasikan pada Digestive Disease Week menemukan bahwa, itu mungkin tidak ada hubungannya dengan kandungan kafein dan kemungkinan terkait dengan peningkatan pergerakan usus.

Dalam studi ini, para peneliti memberikan kopi dengan kafein dan kopi tanpa kafein kepada tikus percobaan. Pemberian kopi dilakukan selama tiga hari dan selama periode tersebut, usus kecil mereka memiliki kemampuan yang lebih baik untuk berkontraksi, terlepas dari tingkat kandungan kafeinnya. Jadi, ini menimbulkan hasil baru kalau kafein bukan hal utama yang mendorong Anda buang air besar setelah minum kopi.

Para peneliti menduga mikrobioma usus mungkin juga berperan. Mereka memutuskan untuk melihat bagaimana kopi memengaruhi bakteri dalam usus. Untuk mengetahuinya, mereka mencampurkan kotoran tikus dan kopi dalam cawan petri dan melihat bahwa jumlah bakteri berkurang. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa semakin tinggi jumlah kopi dalam cawan petri, berkafein atau tidak, semakin sedikit mikroba yang hadir. Peneliti juga melihat bahwa selama tiga hari, bakteri di kotoran tikus telah berkurang.

Hasil penelitian ini menarik, karena menimbulkan dugaan kalau kopi membunuh bakteria--terlepas dari kandungan kafein di dalamnya. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah kopi menghilangkan bakteri yang baik atau buruk.

Bagaimanapun juga, temuan ini menunjukkan bahwa alasan kopi membuat kita buang air besar kemungkinan sebagian karena perubahan mikrobioma usus.

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail