Menurut Ahli, Seberapa Sering Frekuensi Buang Air Besar Bagi Orang Sehat?
29 May 2019
Ada yang bilang sehari sekali, ada juga yang bilang tiga kali dalam seminggu adalah frekuensi buang air besar yang wajar.

Rutin buang air besar memungkinkan Anda untuk membersihkan limbah dan bakteri serta menjaga pencernaan Anda tetap sehat. Faktanya, frekuensi buang air besar Anda bisa menjadi salah satu indikator terbaik kesehatan Anda secara keseluruhan. Termasuk mengetahui, apakah Anda memiliki masalah mendasar seperti sensitivitas makanan atau infeksi yang perlu ditangani.

Jadi, seberapa sering Anda buang air besar, tepatnya?

Para ahli sering mengutip penelitian dan menyatakan bahwa frekuensi normal BAB, biasanya berkisar sehari sekali hingga tiga kali dalam seminggu. Namun, bagaimana kalau Anda BAB lebih dari sekali dalam sehari? Berikut ini penjelasan para ahli.

"Setiap orang sehat setidaknya BAB sehari sekali. Namun, itu normal untuk memiliki hingga tiga kali BAB setiap hari, setiap kali Anda habis makan," kata Vincent Pedre, M.D., seperti dikutip dari mindbodygreen.

Bagaimana jika Anda termasuk golongan orang yang BAB tiga kali dalam seminggu? Menurut Vincent, hal tersebut mungkin bukan indikator masalah kesehatan yang serius, tapi Anda mungkin akan merasa sangat tidak nyaman.

Beberapa ketidaknyamanan yang timbul bervariasi. Pertama, ketika kotoran Anda tetap berada di usus Anda, tubuh Anda akan benar-benar mulai menyerap kembali dan mensirkulasi ulang racun dan hormon yang seharusnya dikeluarkan, yang mungkin menyebabkan ketidakseimbangan hormon, kelelahan, dan susah fokus. Belum lagi, itu bisa menyebabkan wasir yang menyakitkan.



Jika Anda mendapati diri buang air besar terlalu sering atau terlalu jarang — atau Anda melihat penyimpangan aneh dari rutinitas buang air besar yang normal dan sehat yang rasanya tidak benar — mungkin ada sejumlah faktor yang berperan. Beberapa penyebab tidak berbahaya. Sebagai contoh, adanya fluktuasi hormon sebelum dan selama menstruasi Anda dapat menyebabkan diare (dipicu oleh peningkatan prostaglandin) atau sembelit (dipicu oleh peningkatan progesteron), yang biasanya sembuh dalam beberapa hari.

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail