Menurut Ahli Kesehatan, Ini Larangan Wanita Saat Haid Yang Harus Diketahui
10 June 2021
Begitu banyak larangan wanita saat haid yang ternyata hanya mitos. Namun, para ahli kesehatan juga memberikan saran tentang apa saja yang seharusnya dihindari saat Anda haid.

Begitu banyak larangan wanita saat haid yang ternyata hanya mitos. Namun, para ahli kesehatan juga memberikan saran tentang apa saja yang seharusnya dihindari saat Anda haid.

Beberapa larangan di bawah ini terbukti bisa meringankan rasa sakit Anda selama haid. Menurut ginekolog Thomas A. Molinaro, MD, ini 6 larangan wanita saat haid.

1. Jangan gunakan pembersih daerah intim dengan aroma

"Menggunakan sabun, semprotan, atau krim dengan parfum juga dapat menyebabkan iritasi pada vagina dan harus dihindari," kata Molinaro. "Jika Anda memiliki bau vagina yang kuat, yang terbaik adalah menemui dokter kandungan Anda jika ada infeksi atau ketidakseimbangan yang dapat diobati."

2. Jangan terlalu banyak minum kafein

Minuman berkafein dapat berkontribusi pada peningkatan nyeri payudara selama menstruasi, kata Molinaro. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kafein memblokir GABA di otak (neurotransmiter "penurun"), yang menghasilkan kecemasan dan peningkatan detak jantung, meningkatkan gejala PMS. Sebagai gantinya, cobalah teh hijau tanpa kafein, yang dapat membantu meredakan kram.

3. Jangan rebahan terus

Bangun dan bergeraklah saat siklus Anda dimulai. Kata Molinaro, "Tidak ada aktivitas khusus yang harus dihindari. Beberapa wanita menemukan bahwa olahraga dan pelepasan endorfin yang terkait dapat membantu mengurangi kram dan rasa sakit yang dialami selama menstruasi." Dorongan endorfin ini juga bagus untuk menangkal perubahan suasana hati, sehingga Anda dapat tetap bersemangat.

4. Batasi makan makanan asin

Menurut Thomas A. Molinaro, MD, banyak wanita mengalami retensi air (yaitu, kembung) selama haid, jadi yang terbaik adalah menghindari natrium dalam jumlah tinggi. Karena makanan asin cenderung sangat dehidrasi, tubuh Anda mengkompensasi berlebihan dengan menimbun hidrasi.

5. Pakai pembalut terlalu lama

"Mengganti pembalut atau menstrual cup secara teratur adalah bagian penting dari kebersihan yang baik," kata Molinaro. "Untuk wanita yang menggunakan tampon, mengganti setiap empat hingga enam jam merupakan langkah penting untuk mencegah sindrom syok toksik."

6. Bercinta tanpa kondom

Molinaro mengatakan bahwa sebenarnya tidak apa-apa berhubungan seks saat Anda sedang menstruasi, tapi sebaiknya dengan pengaman atau kondom. Ia mengatakan, ada beberapa penelitian yang menunjukkan peningkatan risiko tertular penyakit menular seksual selama menstruasi, jadi disarankan (seperti biasa) untuk melakukan seks yang aman.

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail