Mengapa Proses Menurunkan Berat Badan Jadi Semakin Sulit Saat Mendekati Target?
27 October 2020
Tidak jarang, menurunkan berat badan hanya 2 kg terasa jauh lebih menantang. Mengapa ini terjadi?

Saat berjuang untuk menurunkan berat badan, Anda pasti memiliki target yang harus dicapai, baik itu 5 kg atau 15 kg. Nah, perjuangan tersebut bisa membuat Anda semakin frustrasi saat angka timbangan bisa terjebak hanya beberapa kilogram dari target. Tidak jarang, menurunkan berat badan hanya 2 kg terasa jauh lebih menantang.

Mengapa ini terjadi? Menurut Albert Matheny, MS, RD, CSCS, rekan pendiri SoHo Strength Lab, semakin dekat dengan target berat badan, maka Anda semakin perlu memperhatikan perubahan kecil dan mendetail karena mempertahankan hasilnya akan semakin sulit. "Tubuh Anda memiliki kisaran [berat badan] yang diinginkan untuk berfungsi dan saat menjadi lebih ramping, tubuh cenderung tidak kehilangan berat badan ekstra," tambahnya.

Belum lagi, begitu Anda menurunkan berat badan, laju metabolisme basal atau jumlah kalori yang dibakar tubuh saat istirahat akan menurun. Dengan kata lain, Anda yang sekarang lebih ringan membutuhkan lebih sedikit kalori per hari untuk melakukan fungsi dasar (seperti bernapas) daripada saat Anda lebih berat, kata Michael Rebold, Ph.D., CSCS, seorang asisten profesor ilmu latihan integratif.

“Jadi, saat Anda menjadi lebih bugar, aktivitas lama yang pernah membakar kalori dalam jumlah besar tiba-tiba tidak memberikan hasil yang sama. Misalnya, jika berjalan satu mil tidak lagi terlalu membakar kalori seperti dulu, maka Anda perlu bekerja lebih keras atau lebih lama hanya untuk mendapatkan pembakaran kalori yang sama,” jelas Albert.

Itulah mengapa Anda disarankan untuk melakukan beberapa perubahan dalam proses menurunkan berat badan, seperti mulai latihan angkat beban yang akan membangun otot tanpa lemak dan meningkatkan metabolisme serta kurangi latihan HIIT yang bisa membuat Anda kelelahan dan tidak akan membantu menurunkan berat badan.

Namun, jika semua cara sudah dicoba, tetapi target berat badan Anda tidak juga tercapai, maka pertimbangkan apakah Anda selama mengejar angka yang realistis atau tidak. “Pada akhirnya, angka yang sangat penting untuk diperhatikan adalah tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah. Selama itu berada pada tingkat yang sehat, tidak ada alasan untuk stres karena harus menurunkan berat badan lagi, terutama jika Anda makan dengan sehat,” kata Keri Gans, R.D.N., pemilik Keri Gans Nutrition.

Jadi, jika Anda justru menjadi stres karena sulit mencapai target berat badan yang diinginkan, mungkin ini saatnya untuk berhenti karena bukan tidak mungkin Anda telah mencapai berat badan sehat yang diperlukan tubuh.

Cover: Grave Filled Plate

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail