Mendengarkan Musik Justru Merusak Kreativitas, Ungkap Penelitian Terbaru
06 March 2019
Penelitian terbaru tampaknya mematahkan satu mitos m ...

Penelitian terbaru tampaknya mematahkan satu mitos musik sebagai pendorong kreativitas. Banyak yang percaya jika mendengarkan musik saat bekerja akan memperluas daya kreativitas seseorang. Namun, seperti yang dilansir Independent UK para ilmuwan justru berpendapat beda. Tim psikolog di Lancaster University, University of Central Lancashire dan University of Gävle di Swedia menginvestigasi efek mendengarkan musik sebagai latar belakang, terhadap kemampuan orang untuk menyelesaikan tugas kreatif secara verbal. Hasil yang didapat ternyata performa seseorang rusak secara signifikan. 

Kredit foto: StockPhotoPro/Fotolia

Tim peneliti ini menjalankan 3 percobaan yang didesain untuk mengetes kreatif verbal seseorang. Mereka merekrut 30 partisipan berumur antara 19 hingga 30 tahun yang kemudian diberi 3 kata dan diminta untuk mencari satu kata yang bisa digabungkan ketiga kata tersebut. Salah satu contoh ilustrasi yang dibagikan pada partisipan adalah 3 kata dress, dial dan flower, serta 1 kata yang bisa digabungkan pada 3 kata tersebut adalah sun, sehingga setiap kata menjadi sundress, sundial dan sunflower. Partisipan menyelesaikan tugas di salah satu dari 4 ruangan berbeda. Ada yang menyelesaikan di ruang sepi, ruangan yang memutar lagu berbahasa asing, ruangan dengan musik instrumental dan ruangan yang memutar lagu populer dengam lirik.

Hasilnya, yang dipublikasikan di jurnal Applied Cognitive Psychology, menunjukkan kreativitas partisipan yang menyelesaikan tugas sambil mendengarkan musik, apapun jenis musiknya, mati. Mendengarkan musik mengganggu ingatan verbal sehingga partisipan sulit berpikir mencari padanan kata yang cocok untuk ketiga kata yang diberikan. Partisipan juga dites kemampuan mereka bekerja dengan latar belakang suara-suara seperti saat berada di perpustakaan dan hasilnya, tidak seperti musik, suara atau kebisingan seperti itu sama sekali tidak mengganggu kreativitas. Tampaknya suara atau kebisingan dianggap sebagai kondisi stabil dalam lingkungan sehingga otak tidak menganggap itu sebagai gangguan.

Kredit foto: Lanchester University

Penulis penelitian Dr Neil McLatchie dari Lancaster University menyebutkan jika timnya menemukan bukti-bukti performa seseorang terganggu saat mendengarkan musik sambil bekerja. "Sebagai kesimpulannya, penemuan ini menantang anggapan jika musik dapat memperluas kreativitas karena kehadiran konten semantik (lagu tanpa atau dengan lirik) secara konsisten mengganggu performa kreativitas seseorang, terutama yang menyangkut penyelesaian masalah."

Kredit foto cover: Jason Leung/Unsplash

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail