Makanan Dan Minuman Yang Sebaiknya Dihindari Berikut Alternatifnya Agar Imun Kuat
22 July 2021
Kalau ingin sistem imun kita lebih kebal menghadapi ancaman tersebut, sudah waktunya ganti kebiasaan yang lebih sehat seperti ini!

Makanan dan minuman yang kita konsumsi berpengaruh besar pada kemampuan tubuh kita melawan infeksi virus serta bakteri pembawa penyakit. Kalau ingin sistem imun kita lebih kebal menghadapi ancaman tersebut, sudah waktunya kita lebih sadar dan disiplin mengganti pola hidup kita menjadi lebih sehat. Misalnya dengan mengganti makanan tinggi gula dan MSG dengan yang lebih natural dan tanpa bahan tersebut. Yuk, simak apa saja makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari, berikut alternatifnya agar badan bugar dan imun kuat!

1. Hindari soda dan kopi, ganti dengan susu
Minuman tinggi gula bukan cuma bikin perut buncit, tetapi juga bikin sistem imun jadi melemah. Agar badan tetap sehat ganti soda dan kopi dalam kemasan dengan susu yang lebih sehat. Selain susu sapi, Anda juga bisa mencoba susu kedelai seperti VSOY Multigrain yang enak banget ini!

2. Hindari yogurt berperisa, ganti dengan yogurt tawar
Bakteri baik hidup pada yoghurt dan probiotik menstimulasi sistem imun kita untuk memerangi penyakit. Pilihlah yoghurt plain atau tanpa rasa dengan label “kultur hidup dan aktif” seperti greek yoghurt atau minuman probiotik. Jika kurang manis, Anda bisa menambahkan buah atau madu.

Cimory Greek Yogurt Plain (Foto: Shopee/sayurbox)

3. Hindari wafer dan biskuit, ganti dengan kue kering bebas gluten
Bahan makanan dari tepung tersebut mengandung gluten yang sulit dicerna oleh tubuh kita, seperti wafer dan biskuit. Sebagai alternatif, cobalah menggunakan tepung beras atau tepung singkong; atau makan biji-bijian utuh seperti oatmeal dan jagung. Anda juga bisa mengganti wafer dan biskuit dengan kue kering bebas gluten seperti Blackmond ini.

4. Hindari makanan tinggi MSG, ganti dengan makanan tanpa MSG
Mengutip Hyperbiotics, beberapa kajian ilmiah menyebut makan makanan tinggi MSG bisa menyebabkan masalah pada sistem imun kita. Kalau Anda kepingin menikmati seporsi mi instan tanpa banyak 'berdosa', Anda bisa mengganti mi instan biasa yang tinggi MSG dengan mi instan alami bebas MSG dari Lemonilo ini.

Lemonilo Mi Instan Alami (Foto: Shopee/jagapatidotcom)

5. Kurangi gula, ganti dengan madu dan pemanis alami
Semakin banyak gula yang Anda konsumsi, semakin sedikit pula ruang penyerapan vitamin C di tubuh Anda, sehingga daya tahan tubuh bisa melemah dan lebih rentan terinfeksi virus dan bakteri. Kurangi konsumsi gula sehari-hari, dan ganti dengan madu. Konsumsi buah yang kaya vitamin juga ya yang manis alami tanpa gula tambahan!

Beberapa kebiasaan lama sebaiknya kita ganti dengan yang lebih sehat di masa pandemi seperti sekarang. Badan yang sehat akan membantu pikiran bekerja lebih baik juga. Yuk, jaga diri dan orang-orang terdekat dengan gaya hidup sehat!

Cover: Pexels
 

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail