Lakukan Cara Ini Supaya BAB Anda Lebih Lancar Setiap Hari
21 July 2021
Meskipun Anda sebenarnya tidak harus BAB di pagi hari dan bisa dilakukan kapan saja sepanjang hari. tetapi normalnya kegiatan ini memang dilakukan setiap hari, baik hanya satu kali atau lebih. Nah, agar BAB lebih lancar dan bisa dilakukan setiap hari, coba lakukan 7 cara di bawah ini.

Meskipun Anda sebenarnya tidak harus BAB di pagi hari dan bisa dilakukan kapan saja sepanjang hari. tetapi normalnya kegiatan ini memang dilakukan setiap hari, baik hanya satu kali atau lebih. “Disebut normal, selama BAB lembut, tidak tegang, dan tuntas. Menjadi tidak normal jika Anda tidak cukup sering melakukannya, kemudian Anda sampai harus mengejan dan BAB keras," kata Dr. Peyton Berookim, MD, seorang ahli gastroenterologi. Nah, agar BAB lebih lancar dan bisa dilakukan setiap hari, coba lakukan 7 cara di bawah ini.

Minum air secara teratur

Hidrasi yang tepat sangat penting untuk mengatur pergerakan usus Anda. "Jika pasien mengalami dehidrasi, mereka akan mengalami konstipasi," kata Dr. Peyton. Tanpa air, tinja bisa menjadi besar dan kering. Air juga diperlukan agar serat di tubuh dapat dicerna dengan baik.

Makan makanan yang kaya serat, probiotik, dan lemak sehat

Serat merupakan komponen penting dari pencernaan yang sehat karena dapat mencegah diare dan secara bersamaan membuat semuanya berjalan lancar melalui sistem pencernaan untuk mencegah sembelit. Selain serat, pastikan juga Anda mengonsumsi lemak sehat dalam jumlah yang cukup, karena menambah jumlah besar pada tinja dan mendukung penyerapan vitamin A, yang membantu menjaga lapisan mukosa di usus besar dan mencegah peradangan. Terakhir, rawat kesehatan mikrobioma dengan makan makanan fermentasi, seperti kimchi, yogurt, dan tempe.

Bergerak

Tidak ada yang meragukan pentingnya aktivitas fisik untuk fungsi tubuh yang sehat, salah satunya agar BAB lebih lancar. “Untuk membuat pencernaan bergerak, Anda harus membuat diri bergerak terlebih dahulu. Paling tidak, berjalan kaki 30 menit per hari, yang akan membantu BAB rutin di pagi hari," kata Dr. Peyton.

BAB sambil jongkok

Jika Anda tidak terbiasa melakukannya, sebaiknya mulai belajar dari sekarang. Dr. Peyton bilang, dengan BAB sambil jongkok, Anda meningkatkan sudut saluran dubur dan melemaskan otot panggul, yang menjadi kunci untuk membuat buang air besar lebih mudah.

Konsultasikan dengan dokter tentang obat yang diminum

Terkadang, obat-obatan dapat menghambat pergerakan usus yang sehat. "Anda mungkin perlu berbicara dengan dokter dan meminta mereka meninjau obat-obatan Anda dan melihat apakah mereka dapat memberi Anda sesuatu yang lain untuk meredakan gejala sulit BAB," ujar Dr. Peyton.

Pertimbangkan masalah hormonal

Ketidakseimbangan hormon juga dapat menyebabkan masalah. Dr.  Peyton merekomendasikan untuk minum lebih banyak air dan mengonsumsi suplemen seperti psyllium. Namun, jika Anda mungkin memiliki masalah tiroid yang menyebabkan gangguan pencernaan, Anda perlu mengobati kondisi tersebut untuk memperbaiki rutinitas BAB setiap hari.

Cover: Everypixel

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail