Kata Praktisi Gizi Alami di WT Class, Ini Pentingnya Makan Makanan Natural Setiap Hari
16 September 2019
Co Founder Ladang Lima, Nysa Pratiwi; Co founder Skin Dewi, Dewi Kauw; dan sports influencer Fithri Syamsu berbagi cerita soal pentingnya makanan alami dalam menjaga kebugaran tubuh

Akhir Agustus lalu, Womantalk kembali menggelar acara Womantalk Class bertajuk Why Natural Matter the Most yang menghadirkan pembahasan soal bahan alami pada makanan dan skincare. Di acara tersebut hadir juga sport influencer Fithri Syamsu yang ikut berbagi pengalamannya menggemari kegiatan yang dianggap maskulin untuk perempuan. Yuk, simak serunya WT Class ini!

Diskusi tentang bahan alami ini dibuka dengan penjelasan dari Co Founder Ladang Lima, Nysa Pratiwi, tentang makanan gluten free atau bebas gluten. Disebutkannya, makanan asli Indonesia itu sebetulnya adalah yang paling baik untuk tubuh kita yang juga orang Indonesia. Ia mencontohkan penggunaan tepung singkong yang bebas gluten dan tanpa pengawet, bisa didapat dengan mudah, dan tentunya lebih sehat.

Nysa Pratiwi, Co Founder Ladang Lima, menjelaskan soal memilih makanan berbahan alami

Selain menjelaskan soal makanan bebas gluten, Nysa juga bagi-bagi tips memilih makanan berbahan alami (bebas pengawet, pewarna, pemanis, perisa buatan). 

“Yang pertama bisa kita lakukan itu cari tahu bahan-bahan pembuatnya,” jelasnya. “Kalau bahasanya susah, berarti makanan itu makin susah dicerna. Misalnya pecel, isinya apa? Kecambah, kacng panjang, sayur. Kita tahu dan kenal semuanya, maka makin mudah tubuh mencernanya. Beda kalau makanan itu dibuat dari bahan-bahan yang istilahnya saja sudah kita nggak kenal, ya,” sambungnya.

Sementara itu sport influencer Fithri Syamsu berbagi cerita tentang perempuan di dunia olahraga, yang lekat dengan citra maskulin. Meskipun perempuan, dia nggak ragu menerima tantangan main futsal bareng cowok-cowok. Kata perempuan yang akrab disapa Neng Fithri itu, kita harus pede dan nggak usah ragu apalagi sampai takut sama aktvitas bernama olahraga.

 “Nggak usah dipikirin itu ketakutan-ketakutannya. Kalau memang sudah fun ya jalani saja. Olahraga itu sehat dan akan lebih nyaman kalo kita punya olahraga yang seneng dijalaninya,” saran Neng Fithri yang sempat dikira laki-laki sewaktu remaja dulu. Yup, setuju banget! Nggak usah takut kulit terbakar karena ada sun screen, dan nggak usah takut dibilang macho kalau memang ingin membentuk tubuh!

Tomboi dan hobi futsal, Neng Fithri sampai sempat dikira laki-laki! 

Setelah itu ada Co founder Skin Dewi, Dewi Kauw, yang berbagi pengalaman pribadinya punya kulit sensitif. Dari mencoba berbagai skincare, sampai menemukan skincare cocok tetapi kemudian di-discontinue, Dewi Kauw sudah khatam benar menjalaninya. Hingga akhirnya ia belajar ilmu meracik bahan alami untuk penyembuhan yang ternyata berkhasiat juga untuk kulit, hingga lahirlah merek skincare Skin Dewi. 

Meskipun dirinya memiliki lini skincare alami, Dewi menekankan bahwa punya kulit bermasalah itu nggak melulu salah skincare, melainkan bisa dari pola makan, kurang tidur, tidak olahraga, kurang gizi baik. Menurut pengalamannya, apa yang kita lakukan pada tubuh berpengaruh juga ke kulit. 

Dewi Kauw, Co Founder merek skincare natural Skin Dewi

“Skincare memang membantu mengatasi masalah kulit, tetapi akan lebih tuntas jika kita mengatasinya dari akar permasalahannya,” jelasnya lagi.

Wah, jadi apa yang kita makan itu penting banget untuk ‘disaring.’ Utamakan yang alami, tidak banyak melalui pemrosesan, dan jangan lupa imbangi dengan jaga kebugaran tubuh dan pikiran!  

Cover dan foto: Mardyana Ulva

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail