Jangan Lupa Melatih Otot Saat Menurunkan Berat Badan, Misalnya dengan Berenang
13 September 2020
Menurunkan berat badan bukan hanya tentang menjaga pola makan atau tidak makan makanan tertentu. Rutin berolahraga juga menjadi faktor penting lainnya. Untuk itulah paling tidak Anda tidak boleh lupa untuk melatih otot Anda saat menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan bukan hanya tentang menjaga pola makan atau tidak makan makanan tertentu. Rutin berolahraga juga menjadi faktor penting lainnya. Namun, bagi Anda yang asing dengan olahraga, membayangkan harus rutin melakukannya mungkin akan menakutkan. Untuk itulah paling tidak Anda tidak boleh lupa untuk melatih otot Anda saat menurunkan berat badan.

Jika Anda tidak sering menggunakan otot tubuh, maka Anda akan mulai kehilangannya. Padahal, menurut Mira Rasmussen, seorang ahli fisiologi olahraga, jika rajin melatih otot tubuh, Anda juga sekaligus sambil membakar lemak dan kalori, yang tentu saja sangat berpengaruh dengan penurunan berat badan.

Salah satu latihan otot yang paling mudah (dan sepertinya menyenangkan untuk banyak orang) adalah berenang. Ini adalah olahraga seluruh tubuh, tanpa benturan, dan memiliki  pembakaran kalori yang luar biasa. Selain itu, air juga membantu menahan tubuh sehingga tidak ada tekanan pada persendian Anda. Ditambah lagi, berenang juga menghemat waktu berolahraga karena menggabungkan kardio dan pembentukan otot dalam satu aktivitas.

Jika Anda tidak bisa berenang di kolam dalam, lakukan di kolam dengan air setinggi dada juga tidak masalah. Berenang di tempat ini bahkan dapat mengurangi pembengkakan, meningkatkan sirkulasi, dan membantu meredakan nyeri akibat peradangan. FYI, peradangan ternyata juga dapat memicu kenaikan berat badan, lho.

Jika Anda memiliki masalah medis dan kesulitan bergerak dalam kehidupan sehari-hari, ahli menyarankan untuk melakukan terapi fisik oleh profesional, yang akan merancang program yang disesuaikan untuk Anda, untuk meningkatkan keseimbangan, kekuatan, dan jangkauan gerak. Intinya, saat berusaha sedang menurunkan berat badan, jangan lupa untuk selalu aktif dan bergerak, serta melatih otot, yang juga akan membantu membakar lemak dan kalori.

Cover: Photodune

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail