Jalani 6 Pola Makan Ini Jika Anda Penderita Tekanan Darah Tinggi
18 August 2021
Minum obat penurun tekanan darah setiap hari memang wajib dilakukan oleh penderita tekanan darah tinggi. Namun, selain itu sebenarnya Anda juga harus memiliki gaya hidup yang lebih sehat, salah satunya adalah dengan menjalani pola makan seperti di bawah ini.

Minum obat penurun tekanan darah setiap hari memang wajib dilakukan oleh penderita tekanan darah tinggi. Namun, selain itu sebenarnya Anda juga harus memiliki gaya hidup yang lebih sehat, salah satunya adalah dengan menjalani pola makan seperti di bawah ini.

Cobalah diet DASH

Ini adalah singkatan dari dietary approaches to stop hypertension atau pendekatan untuk menghentikan hipertensi, yang berarti diet untuk dapat membantu mengelola tekanan darah. Aturannya adalah menghindari makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol, serta fokus pada makanan yang kaya protein dan serat, seperti biji-bijian, unggas tanpa lemak, ikan, dan produk susu rendah lemak.

Kurangi garam

Terlalu banyak natrium dalam makanan dapat meningkatkan tekanan darah. Usahakan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 1.500 miligram setiap hari. Untuk tetap dalam kisaran tersebut, makan lebih sedikit makanan kaleng dan kemasan. Daripada garam, lebih baik pilih lada segar atau perasan lemon sebagai perasa.

Jangan berlebihan makan manis

Jumlah gula yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah serta peradangan di tubuh. Makanan manis bisa bersembunyi di soda, sereal, kue kering, bahkan saus salad dan sup. Catat berapa banyak gula yang dikonsumsi setiap hari dan cobalah untuk membatasi tidak lebih dari 36 gram.

Batasi kafein

Jika Anda sensitif terhadap kafein, hanya 200 miligram atau setara dengan dua cangkir kopi dapat meningkatkan tekanan darah. Kafein juga bisa muncul dalam makanan lain, seperti soda dan minuman energi. Periksa tekanan darah sekitar setengah jam setelah minum kafein. Jika hasilnya naik, maka Anda mungkin perlu menguranginya.

Makan lebih banyak probiotik

Kesehatan usus berperan dalam tekanan darah, meskipun para ahli masih mencoba mencari tahu hubungannya. Sejauh ini, penelitian menunjukkan bahwa makanan dengan bakteri "baik", yang disebut probiotik, dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Jadi, makan lebih banyak yogurt serta makanan fermentasi, seperti asinan kubis, kimchi, miso, dan tempe.

Kurangi minum alkohol

Selain meningkatkan tekanan darah, minum minuman beralkohol terlalu banyak dapat membuat Anda lebih mungkin mengalami masalah dengan jantung, hati, dan otak. Wanita tidak boleh minum lebih dari satu gelas setiap hari, sedangkan pria seharusnya tidak lebih dari dua gelas untuk menjaga tekanan darah tidak melonjak terlalu tinggi.

Cover: Cleveland Clinic

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail