Ini Manfaat Melahirkan Dengan Bidan Seperti Yang Dilakukan Kimberly Ryder
25 November 2020
Beda dari selebriti lain yang melahirkan dengan mewah, Kimberly Ryder cukup dengan bidan saja. Sebenarnya apa keuntungan melahirkan dengan bidan?

Aktris Kimberly Ryder sedang berbahagia karena baru melahirkan anak keduanya dengan selamat. Istri Edward Akbar itu juga menuai pujian karena melahirkan dengan sederhana dengan memakai kain jarik dan jasa seorang bidan. Beda dari selebriti lain yang melahirkan dengan mewah, Kimberly cukup dengan bidan saja.

Kimberly Ryder melahirkan Aisyah lewat proses persalinan normal dengan bantuan seorang bidan di kawasan Lembang, Jawa Barat. Menurut Edward lewat Instagram Story akun Instagramnya, dari anak pertama sampai kedua, Kimberly melahirkan dengan bantuan bidan, bukan dokter. "Midwife (bidan) semua, nga ada dokter sama sekali," Edward menjawab pertanyaan salah satu akun pengikut Instagramnya. 

Sebetulnya melahirkan dengan bantuan bidan bukan hal aneh di Indonesia. Beberapa wanita bahkan merasa lebih nyaman dan aman jika ditangani oleh bidan. Dari segi kesehatan, ada beberapa keuntungan jika wanita melakukan persalinan dengan bidan.

1. Menggunakan bidan sama amannya dengan menggunakan dokter. 
Studi  tahun 2005 di British Medical Journal menunjukkan bahwa, ibu yang menggunakan bidan memiliki akses yang lebih besar ke perawatan pranatal dan bayi dengan berat badan lahir lebih tinggi. Selain itu, bahkan persalinan di rumah untuk kehamilan risiko rendah dengan menggunakan bidan profesional bersertifikat sama amannya dengan kelahiran di rumah sakit berisiko rendah. Di Jepang, Swedia, dan Belanda, di mana bidan melahirkan hampir semua bayi, angka kematian bayi jauh lebih rendah daripada di Amerika, menurut Pusat Statistik Kesehatan Nasional.

2. Bidan memberikan dukungan emosional lebih besar ke para ibu
Bidan cenderung menghabiskan lebih banyak waktu dengan Anda daripada kebanyakan dokter dan menawarkan dukungan emosional dan fisik selama kunjungan pranatal, persalinan, persalinan, dan periode pascapartum. "Bidan sangat pandai membantu ibu baru dalam menyusui, menangani kecemasan, dan meningkatkan nutrisi bayi," kata David Katz, MD, direktur Pusat Penelitian Pencegahan Yale-Griffin, di Derby, Connecticut.

3. Bidan menyukai praktik persalinan alami dan tidak tergantung bahan kimia
Meskipun bidan akan membantu memberikan obat pereda nyeri jika seorang ibu menginginkannya, mereka cenderung memilih metode alami untuk meredakan nyeri persalinan. Misalnya, mereka mungkin memberikan pijatan yang dalam kepada ibu atau mendorongnya menggunakan bola latihan agar merasa lebih nyaman, kompres hangat untuk membantu area tersebut meregang secara alami dan menghindari robekan, atau bahkan mandi air hangat untuk bersantai.
 

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail